Hingga Akhir Mei 2021, Askrindo Sudah Jamin Kredit UMKM Rp 4,8 Triliun

Kompas.com - 21/06/2021, 11:23 WIB
Ilustrasi rupiah Shutterstock/MelimeyIlustrasi rupiah
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) memberikan penjaminan sekitar Rp 4,8 triliun kepada 8.130 UMKM melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Penjaminan dari anak usaha Indonesia Financial Group (IFG) ini diberikan untuk memperkuat pemulihan ekonomi nasional yang sedang berlangsung, sekaligus mengurangi lonjakan kredit bermasalah yang tengah dihadapi perbankan nasional

"Melalui penjaminan kredit modal kerja ini, kami berharap bisa meningkatkan permodalan pelaku UMKM, sekaligus menurunkan risiko kredit perbankan," ujar Direktur Operasional Askrindo Erwan Djoko Hermawan dalam siaran pers, Senin (21/6/2021).

Dilihat berdasarkan wilayah, Jawa Tengah dan Jawa Timur mendominasi penyerapan penjamin. Serapan penjaminan di Solo mencapai Rp 228 miliar, diikuti Surabaya Rp 215,6 miliar, dan Semarang Rp 201,1 miliar.

Baca juga: Kompak Melemah, Berikut Rincian Harga Bitcoin dkk Hari Ini

Berdasarkan sektor usaha, penjaminan kredit modal kerja masih didominasi oleh sektor perdagangan dengan plafon mencapai Rp 3,3 triliun. Kemudian diikuti penjaminan jasa dan sektor lainnya Rp 363 miliar, dan penjaminan bagi sektor pertanian dan kehutanan sekitar Rp 357 miliar.

"Semoga ekonomi masyarakat tetap berputar, suplai barang dan permintaan semakin meningkat, sehingga pada akhirnya penyerapan tenaga kerja kembali terbuka," ujar Erwan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Erwan menuturkan, besarnya penyerapan sektor perdagangan menjadi indikasi semakin kuatnya pemulihan daya beli masyarakat serta gerak perekonomian yang semakin membaik.

Ke depan kata Erwan, Askrindo berkomitmen untuk berpartisipasi memperkuat pemulihan ekonomi nasional khususnya melalui penjaminan kredit ke segala sektor usaha yang kredibel.

"Kami membantu perbankan dalam mengurangi rasio kredit macet, di tengah upaya pemerintah dan regulator mengurangi dampak lonjakan kredit bermasalah perbankan akibat Covid-19," pungkasnya.

Baca juga: PT PAL Indonesia Buka Lowongan Kerja, Cek Posisi dan Syaratnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.