KILAS

Lewat Pembangunan BLK, Menaker Ida Dorong Pengembangan Kompetensi Tenaga Kerja di Papua

Kompas.com - 21/06/2021, 17:47 WIB
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat menerima audiensi Bupati Mappi, Papua Kristosimus Yohanes Agawemu di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Jakarta, Senin (21/6/2021).
DOK. Humas KemenakerMenteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat menerima audiensi Bupati Mappi, Papua Kristosimus Yohanes Agawemu di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Jakarta, Senin (21/6/2021).

KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyatakan, pihaknya akan terus mendorong pengembangan kompetensi tenaga kerja di Papua dan Papua Barat.

“Kami berupaya mengembangkan sumber daya manusia (SDM) melalui pendirian balai latihan kerja (BLK) dan BLK Komunitas di wilayah tersebut," ucapnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (21/6/2021).

Pernyataan tersebut Ida sampaikan seusai menerima audiensi Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Jakarta, Senin.

Dalam pertemuan itu, ia menyatakan dukungannya terhadap usulan Bupati Mappi Kristosimus dalam rangka pendirian BLK Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) milik Kemenaker di Kabupaten Mappi, Provinsi Papua.

Baca juga: Ciptakan Link and Match Lulusan BLK dan Industri, Kemenaker Kerja Sama dengan 4 Perusahaan

"Saya sangat mendukung rencana pembangunan BLK di Mappi, Papua. Terlebih, Pak Bupati tadi bilang sudah memiliki mapping kebutuhan tenaga kerja peningkatan kompetensinya," kata Ida.

Pasalnya, pembangunan BLK UPTP di Kabupaten Mappi, Papua merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Ida, Kabupaten Mappi sangat strategis secara geografis karena terletak di antara Kabupaten Boven Digoel dan Kabupaten Merauke.

“Sementara dari sisi kebutuhan tenaga kerja, nanti masyarakat atau para calon pekerja dapat diserap, seperti di industri sawit yang ada di daerah setempat,” imbuhnya.

Baca juga: Sektor Sawit Serap Tenaga Kerja dalam Jumlah Signifikan

Terkait pembangunan BLK UPTP, Ida menyatakan, pihaknya akan segera memverifikasi kelengkapan berkas yang dibutuhkan.

Kemudian, apabila berkas telah lengkap maka dilakukan proses pengecekan lokasi gedung BLK UPTP yang dikerjakan oleh tim khusus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X