KILAS

Kunjungi Desa Agrowisata di Pekanbaru, Wamentan Ikut Panen Jagung

Kompas.com - 21/06/2021, 18:56 WIB
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Republik Indonesia (RI) Harvick Hasnul Qolbi melakukan kunjungan sekaligus panen jagung di desa Agrowisata, Kota Pekanbaru, Riau.
 
DOK. Humas Kementan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Republik Indonesia (RI) Harvick Hasnul Qolbi melakukan kunjungan sekaligus panen jagung di desa Agrowisata, Kota Pekanbaru, Riau.

KOMPAS.com - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Republik Indonesia (RI) Harvick Hasnul Qolbi melakukan kunjungan sekaligus panen jagung di Desa Agrowisata, Kota Pekanbaru, Riau.

Kegiatan panen tersebut merupakan bentuk apresiasi pihaknya terhadap upaya serius Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau maupun Kota Pekanbaru dalam menggenjot sektor pertanian.

"Saya berkunjung ke Pekanbaru hari ini, Senin (21/6/2021), bertepatan dengan milad Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Beliau selalu menitipkan tugas soal ketahanan pangan. Alhamdulillah, sebagai kado ulang tahun, Indonesia ditunjuk sebagai Dewan Pangan Dunia,” ujar Harvick, dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima.

Menurutnya, sektor pangan adalah salah satu tumpuan, terutama di masa pandemi Covid-19. Untuk itu, semua pihak terkait perlu terus membangun sinergi agar ketahanan pangan terpenuhi.

Baca juga: Ini Strategi Pemerintah Jamin Ketahanan Pangan Nasional

Adapun pihak terkait yang dimaksud, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi (pemprov) hingga daerah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan terpenuhinya ketahanan pangan, maka pemulihan ekonomi nasional (PEN) pun dapat berjalan.

“Jika ada yang ingin didiskusikan lebih lanjut, ruangan saya di Jakarta terbuka lebar untuk bapak dan ibu semua,” tambah Harvick yang juga menjabat sebagai Bendahara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Untuk diketahui, kegiatan panen jagung tersebut diinisiasi oleh Koperasi Jagung Hibrida Riau Tani serta diikuti sejumlah kelompok tani (poktan).

Baca juga: Jabar Butuh 25.000 Ton Jagung Per Bulan, Ridwan Kamil Lirik Lahan di Banyuasin Sumsel

Koperasi tersebut memproduksi jagung jenis hibrida guna meningkatkan pendapatan.

Pasalnya, komoditas jagung adalah komoditi multipurpose atau serba guna yang mempunyai banyak produk turunan apabila diolah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.