STIP Jakarta Buka 2 Prodi Magister Terapan, Intip Prospek Karier Lulusannya

Kompas.com - 21/06/2021, 19:00 WIB
STIP Jakarta membuka pendaftaran mahasiswa baru program Magister Terapan (S-2). istimewaSTIP Jakarta membuka pendaftaran mahasiswa baru program Magister Terapan (S-2).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta pada tahun ini resmi membuka 2 Program Studi (Prodi) Magister Terapan, yakni Prodi Pemasaran, Inovasi dan Teknologi, yang kedua Prodi Teknik Keselamatan dan Resiko.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi buka suara mengenai prospek lulusan STIP Jakarta sebagai salah satu Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“STIP Jakarta sebagai Perguruan Tinggi bidang pelayaran yang telah menghasilkan lulusan terbaik bidang transportasi laut di seluruh Indonesia,” ujar Budi Karya dalam webinar 'Open House Mengenal Lebih Dekat Magister Terapan STlP Jakarta' pada Senin (20/6/2021).

Baca juga: STIP Jakarta Buka Program Magister Terapan, Ini Pesan Menhub

Budi Karya lantas mengutip arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memfokuskan pada pentingnya Maritim Indonesia dengan visi ‘Menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia’.

Menurutnya, hal ini merupakan kebijakan strategis, mengingat Indonesia merupakan negara bahari yang dikelilingi lautan.

“Seluruh alur pelayaran dunia akan melalui lautan Indonesia sebagai jalur strategis sehingga harus dimanfaatkan oleh Indonesia,” ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan SDM yang berkompeten, inovatif, kreatif dan berdaya saing baik secara nasional maupun internasional di bidang maritim.

“Oleh karena itu, Perguruan Tinggi maritim memiliki peran penting dalam menciptakan Sumber Daya Manusia yang dapat diandalkan untuk mewujudkan konektifitas dan keselamatan pelayaran,” tandasnya.

Baca juga: Ingin Lulus Tes SKD CASN Jalur Sekolah Kedinasan? Ini Nilai yang Harus Dicapai

Adapun Program Magister Terapan di STIP Jakarta sudah mendapat restu melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 001/D/O/2021 tentang Izin Pembukaan Program Magister Terapan pada STIP Jakarta.

“Saya berharap dengan penyelenggaraan program Magister Terapan, STIP dapat menjadi pelopor peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia maritim Indonesia,” bebernya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.