[KURASI KOMPASIANA] Apa Pentingnya Membangun "Personal Branding"?

Kompas.com - 21/06/2021, 20:20 WIB
Ilustrasi KOMPAS.comIlustrasi

KOMPASIANA---Baik sedang berbisnis maupun mencari pekerjaan, membentuk personal branding ini sepertinya perlu diperhatikan.

Personal branding merupakan upaya seseorang untuk membangun dan mempromosikan citra diri kepada orang lain dan publik agar orang lain tahu "siapa kita".

Ada banyak cara, tentu saja, dalam membangun personal branding. Tapi, utamanya kita mesti mengenal diri sendiri dulu, barulah setelah itu kita bisa membentuk citra yang kita inginkan.

Lantas bagaimana kita bisa memulai itu? Adakah hal-hal yang diperlukan dalam membentuk personal branding ini?

1. Inilah Pentingnya Membangun Personal Branding dengan Kejujuran dan Ketulusan

Kompasianer Walentina Waluyanti membuka tulisannya dengan pertanyaan yang menarik: pentingkah memiliki integritas, di antaranya punya kejujuran dan ketulusan dalam membangun personal branding?

Pertanyaan tersebut lahir dari beragam pernyataan orang seperti begitu banyak orang yang membangun personal branding, tapi tidak semuanya adalah orang yang berintegritas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Integritas memiliki banyak dimensi, terlebih karakter atau sifat manusia yang memang beragam.

Menjadi diri sendiri itu penting dalam membangun personal branding, tetapi "menjadi diri sendiri" bukanlah legitimasi untuk merugikan orang lain.

"Ketika memasuki ruang publik, maka yang berlaku adalah kepentingan kolektif. Dan ketika itu menyangkut kepentingan kolektif, setiap orang punya tanggung jawab untuk menjaga perilakunya," tulis Kompasianer Walentina Waluyanti. (Baca selengkapnya)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.