Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal I 2021, Nilai Ekspor Alas Kaki Indonesia Meningkat 10,98 Persen

Kompas.com - 22/06/2021, 17:13 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan menyatakan, nilai ekspor alas kaki Indonesia naik, sedangkan impor menurun.

"Berkaitan dengan ekspor alas kaki telah meningkat atau naik sebesar 10,38 persen pada periode Januari-Maret 2021 dan kami melihat untuk nilai impornya telah menurun tajam sebesar 19,77 persen," ujar Rinaldo Mardian SubKoordinator Bidang Produk Aneka Kementerian Perdagangan dalam webinar Ngobrol Ekspor yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan secara virtual dikutip Kompas.com, Selasa (22/6/2021).

Dia mengatakan, kenaikan ekspor alas kaki pada periode Januari-Maret 2021 ditopang oleh permintaan sepatu olahraga dengan share terhadap ekspor alas kaki nasional mencapai 68,14 persen dan pertumbuhannya mencapai 10,38 persen.

Baca juga: Kemendag Sebut Sepatu Olahraga Topang Kenaikan Ekspor Alas Kaki RI

Rinaldo mengakui, sejauh ini, sebagian besar alas kaki Indonesia masih diekspor ke negara besar seperti AS dengan market share 28,79 persen, China 15,22 persen, Belgia 10,79 persen, Jerman 7,23 persen, dan Jepang sebesar 5,86 persen.

Indonesia juga saat ini menempati posisi keenam dalam negara eksportir alas kaki terbesar di dunia tahun 2020 yang dimana posisi tersebut dibawahi oleh China, Vietnam, Italia, Jerman, dan Belgia.

"Sementara kalau untuk importir alas kaki terbesar dunia 2020 ditempati oleh AS dengan share 17,14 persen dan Indonesia menempati peringkat di posisi 32 dengan share 0,49 persen,"ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com