Kompas.com - 23/06/2021, 12:51 WIB
Ilustrasi investasi, investasi adalah, pengertian investasi, arti investasi, contoh investasi Dok. SHUTTERSTOCK/LOOKERSTUDIOIlustrasi investasi, investasi adalah, pengertian investasi, arti investasi, contoh investasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berinvestasi kini menjadi kegiatan yang digandrungi masyarakat khususnya generasi muda di tengah Covid-19.

Meningkatnya literasi keuangan, terjangkaunya berinvestasi dengan modal yang minim, dan berbagai faktor pendukung lainnya, mendorong akselerasi pertumbuhan investor ritel di Indonesia. Walau demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para investor agar investasi yang dilakukan aman.

Founder & CEO IndoGold Amri Ngadiman mengatakan, di tengah meningkatnya kesadaran berinvestasi, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh investor baru sehingga berinvestasi tidak hanya sekedar ikut-ikutan.

Baca juga: 5 Cara Menghindari Investasi Kripto Bodong

 

Terlebih lagi, kini produk investasi semakin beragam seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat.

“Prinsip dasar yang perlu diingat sebelum berinvestasi adalah mempelajari terlebih dahulu produk investasi yang ingin dipilih. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir risiko yang ditimbulkan dari produk investasi tersebut. Tidak hanya mengenali produk investasi, tapi dibutuhkan juga strategi yang tepat dalam berinvestasi sehingga keuntungan yang diharapkan dapat tercapai,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (22/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia pun membeberkan ada 4 cara yang dapat diterapkan sebelum memulai investasi.

Investasi pada diri sendiri

Pertama disebutkan dia adalah berinvestasi pada diri sendiri. Dalam hal ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah berinvestasi dahulu pada diri sendiri.

Maksudnya disini adalah membekali diri dengan pengetahuan seputar investasi. Memiliki pengetahuan yang benar seputar investasi dapat menjadi pondasi terkuat Anda dalam meraih keuntungan berinvestasi yang maksimal.

"Berbagai konten investasi kini dapat diakses secara gratis di berbagai platform digital. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti pelatihan berbayar yang biasanya menawarkan pembelajaran yang lebih komprehensif mengenai investasi,"katanya.

Baca juga: Awas Tertipu Tawaran Investasi Bodong Lewat Grup Chat, Ini Pesan OJK

Gandeng Perencana Keuangan

Kedua, melakukan perencanaan keuangan yang baik. Dia menjelaskan, tujuan perencanaan keuangan yang baik adalah agar pendapatan aktif berupa penghasilan Anda dapat terkelola lebih efektif dan efisien.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.