Pelita Shipping Tebar Dividen Rp 41,7 Miliar, Ini Jadwal Pembagiannya

Kompas.com - 23/06/2021, 12:55 WIB
Ilustrasi rupiah Shutterstock/MelimeyIlustrasi rupiah
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelita Samudera Shipping Tbk bakal membagikan dividen kepada para pemegang saham sebesar 2,9 juta dollar AS atau Rp 41,7 miliar (asumsi kurs Rp 14.400), setara dengan 35 persen laba bersih perusahaan pada tahun lalu.

Sekretaris Perusahaan Pelita Samudera Shipping Imelda Agustina Kiagoes mengatakan, dengan total dividen tersebut, perusahaan dengan kode emiten PSSI itu akan memberikan Rp 8 per lembar sahamnya pada tanggal 21 Juli 2021.

"Laba bersih perseroan pada akhir tahun buku 2020 tercatat sebesar 8,4 juta dollar AS.  Atas persetujuan pemegang saham, Laba Bersih tahun 2020 sebagian akan digunakan untuk pembagian dividen tunai," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (23/6/2021).

Baca juga: KKP Buka 200 Formasi CPNS 2021 untuk Posisi Penyuluh Perikanan

Sementara 5 persen laba bersih atau 421.000 dollar AS dialokasikan untuk dana cadangan PSSI, dan 60 persen sisa laba bersih atau 5,04 juta dollar AS dicatat sebagai laba yang ditahan perseroan.

Imelda menyebutkan, alokasi laba bersih tersebut telah mengantongi persetujuan pada rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada 17 Juni 2021.

Selain menyetujui penggunaan laba, RUPST juga menyetujui pembelian kembali atau buyback saham PSSI dengan jumlah sebanyak-banyaknya 300 juta saham atau 5,5 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Utama Pelita Samudera Iriawan Alex Ibarat mengatakan, buyback didasari oleh arus kas yang melebihi jumlah diperlukan dalam mempertahankan peningkatan dan pertumbuhan.

"Selain itu, tingkat kewajiban utang (leverage) juga terbilang baik, serta bertujuan untuk meningkatkan laba per saham, fleksibilitas lebih besar dalam mengelola modal jangka panjang, mencapai struktur permodalan yang efisien serta pengembalian return on equity secara berkelanjutan," ucapnya.

Baca juga: Tanggapan Garuda Indonesia Soal Penyetopan Penerbangan ke Hong Kong



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X