[TREN LYFE KOMPASIANA] Hidup (Bukan) Sebuah Kompetisi | Kelana Rasa Rujak Cingur | Medsos Pribadi untuk Keperluan Kantor

Kompas.com - 23/06/2021, 17:17 WIB
Illustrasi laki-laki menikmati hidup shutterstockIllustrasi laki-laki menikmati hidup

KOMPASIANA---Semestinya dalam sebuah kompetisi itu ada kolaborasi yang berjalan beriringan. Bahkan, sudah lazim kita mendengar jika kini zamannya kolaborasi, bukan kompetisi.

Akan tetapi, biar bagaimanapun kompetisi merupakan sebuah naluri bawaan manusia, ingin merasa lebih baik dari oranglain.

Kompetisi akhirnya menjadi sebuah kebutuhan dasar manusia: hidup manjadi sebuah kompetisi yang mesti dimenangkan atau rela untuk dikalahkan.

Wajar saja dan kita bisa memaklumi itu, tho dulu ketika kita sekolah pun kita berkompetisi untuk menjadi yang terbaik di kelas agar mendapat rangking 1.

1. Hidup (Bukan) Sebuah Kompetisi

Kompasianer Seliara meletakan konteks sebuah kompetisi pada hal yang menarik: penerimaan mahasiswa lewat SBMPTN.

Menurutnya, ada hal berbeda akan dirasakan bagi yang tidak lulus bila dibandingkan dengan mereka yang lulus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasti ada rasa sedih, kecewa dan mungkin merasa 'kurang beruntung' melihat keberhasilan mereka yang sudah mendapatkan kampus impian.

Memang kita sulit untuk menghilangkan kecemburuan dalam diri kita. Kompasianer Seliara sampai menuliskan kalau dibutuhkan lebih banyak refleksi diri.

"Kita hidup dalam budaya yang sangat kompetitif. Di awal kehidupan, secara langsung atau tidak, kita terbiasa berkompetisi dengan saudara kandung," lanjutnya. (Baca selengkapnya)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X