Kompas.com - 23/06/2021, 17:42 WIB
CEO DANA Vince Iswara (tengah) saat peresmian aplikasi dompet digital DANA di Jakarta, Rabu (5/12/2018). KOMPAS.com/ BILL CLINTENCEO DANA Vince Iswara (tengah) saat peresmian aplikasi dompet digital DANA di Jakarta, Rabu (5/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform digital layanan pembayaran DANA mencatat, jumlah pengguna dompet digital DANA pada kuartal I 2021 mengalami lonjakan menjadi 70 juta, dari pengguna Desember 2020 yang baru mencapai 50 juta.

Begitu pula dengan pertumbuhan rata-rata jumlah transaksi per hari yang pada semester ini meningkat menjadi 5 juta transaksi per hari dari sebelumnya 3 juta transaksi per hari.

Rata-rata transaksi per hari tertinggi terjadi pada Mei 2021.

Baca juga: Kabar Viral Transfer Dana Nyasar Ternyata Bukan dari Pinjol, Ini Penjelasan Syaftraco

Pertumbuhan rata-rata transaksi per hari yang dibukukan pada Mei 2021 tercatat meningkat sebesar 164 persen.

"Artinya, teknologi finansial yang kami kembangkan makin inklusif dan menghadirkan manfaat yang kian luas. Tak sekadar hanya untuk melakukan pembayaran, namun melakukan berbagai transaksi dari perniagaan, interaksi sosial, hingga menabung ataupun berinvestasi," ujar CEO dan Co-Founder DANA Vince Iswara dalam paparan virtualnya, Rabu (23/6/2021).

"Di sisi lain, masyarakat dan seluruh ekosistem makin teredukasi dan memahami dayaguna dompet digital DANA dalam mempermudah terselenggaranya transaksi nontunai digital yang praktis, cepat, real-time, efisien, lebih kompeten, nyaman, aman dan terlindungi," sambung dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Transaksi peer-to-peer (p2p) pun turut meningkat dua kali lipat pada Ramadhan tahun ini.

Menurut Vince, meningkatnya aktivitas transfer uang melalui DANA selama pandemi akibat larangan mudik mendorong meluasnya budaya nontunai di kalangan masyarakat luas di Indonesia.

Baca juga: Lagi, Kredivo Dapat Suntikan Dana Segar Rp 1,4 Triliun

"Tak hanya uang nontunai yang ditransfer oleh pengguna yang tinggal di kota-kota besar ke keluarganya yang berada di kampung atau bahkan di daerah pelosok, namun yang menjadi catatan menarik adalah aktivitas tersebut telah mengakselerasi transfer budaya nontunai dan pemanfaatan teknologi finansial ke wilayah dan lapisan masyarakat yang lebih luas. Ini menguatkan optimisme kami terhadap makin meningkatnya inklusi keuangan masyarakat Indonesia berkat teknologi yang kami kembangkan," tutur dia.

Dalam kesempatan itu, Senior VP of Product DANA Rangga Wiseno mengatakan, dari beragam fitur yang telah dikembangkan, terdapat lima fitur yang paling sering digunakan oleh para pengguna pada kuartal I tahun ini. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.