Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kerja di Lembaga Internasional? UNDP Buka Lowongan untuk Lulusan S1 dan S2 Indonesia

Kompas.com - 24/06/2021, 06:30 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - United Nations Development Programme (UNDP) membuka kesempatan bagi para lulusan perguruan tinggi di Indonesia untuk bergabung dengan organisasi yang berada di bawah naungan PBB tersebut.

Dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Selasa (22/6/2021), disebutkan bahwa lembaga tersebut pada pekan ini membuka UNDP Graduate Programme.

"Program ini menyasar para lulusan terbaik Indonesia dari seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta baik dalam dan luar negeri untuk penugasan kerja di kantor UNDP di seluruh dunia," tulis UNDP dalam keterangannya.

Baca juga: Melamar Kerja Tak Perlu Nunggu Lowongan Buka, Begini Caranya

Persyaratan

Indonesia menjadi salah satu negara prioritas dalam UNDP Graduate Programme karena masih minimnya profesional dari Indonesia yang berkarir di UNDP dalam skala internasional.

Program ini mensyaratkan lulusan S2 dengan maksimal 1 tahun pengalaman, atau lulusan sarjana dengan pengalaman kerja maksimal 2-3 tahun.

Para peserta yang lulus seleksi akan menjalani program selama 2 tahun, dan di akhir dari masa program, para peserta akan mampu berkompetisi dalam posisi-posisi yang relevan di dalam UNDP baik secara nasional maupun internasional.

Sasaran

Selain Indonesia, ada 50 Negara prioritas lainnya dalam program ini, di antaranya adalah Algeria, Botswana, Cambodia, Djibouti, Fiji, Iran, Iraq, Kazakhstan, Kiribati, Lesotho, Maldives, Marshall, Thailand, Timor-Leste, Vanuatu, dan Yaman.

Fase pilot dari program ini melibatkan 2 cohort, dengan 22 posisi untuk cohort pertama. UNDP Graduate Programme akan berkolaborasi dengan Cappfinity, perusahaan yang berpengalaman dalam rekrutmen pegawai.

Baca juga: Pertamina Group Buka Lowongan Kerja, Cek Posisi dan Syaratnya

Job Desc

UNDP Graduate Program akan memperkuat kapasitas institusi, terutama dalam menjawab tantangan kesenjangan kompetensi dan keahlian, dengan fokus untuk mendukung agenda 2030, akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dan peran integrasi yang efektif.

Selain itu, UNDP juga serius dalam menindaklanjuti inklusi terhadap kelompok rentan, seperti kelompok masyarakat disabailitas dan pelibatan generasi muda dalam sektor pembangunan internasional untuk #NextGenUNDP.

Proses pendaftaran ditutup tanggal 4 Juli 2021. Untuk informasi lebih lanjut terkait proses rekrutmen beserta syarat dan ketentuan, peserta bisa mengakses melalui https://www.undp.org/careers/types-opportunities/undp-graduate-programme

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com