[TREN EDUKASI KOMPASIANA] Menyikapi Nilai Rapor | Belajar dari Karakter Siswa Tiap Tingkatan | Keunggulan Kuliah di Politeknik

Kompas.com - 24/06/2021, 13:14 WIB
Ilustrasi anak belajar dari rumah. (DOK. SHUTTERSTOCK) Ilustrasi anak belajar dari rumah. (DOK. SHUTTERSTOCK)

KOMPASIANA---Mengambil rapor adalah aktivitas tiap semester yang ditunggu-tunggu oleh orang tua dan siswa.

Orang tua ingin tahu bagaimana perkemabangan anaknya di sekolah, sedangkan siswa berharap apa yang sudah dilakukan selama satu semester mendapat nilai yang baik.

Namun, ketika sekolah masih belum memberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM), nilai rapor jadi suatu hal yang dimaklumi: baik oleh orang tua, wali kelas, dan siswa itu sendiri.

Akan tetapi pada momen pembagian rapor ini jadi momen yang tepat bagi semua pihak untuk saling mengingatkan agar ada kemajuan untuk siswa ke depannya.

1. Bagaimana Menyikapi Nilai Rapor?

Akhir semester atau akhir tahun pelajaran orang tua yang menyekolahkan anak mendapatkan buku rapor dari sekolah.

Angka-angka yang tertera pada buku rapor meliputi nilai pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Walau demikian, tulis Kompasianer Idris Apandi biasanya nilai aspek pengetahuan yang cenderung lebih mendapatkan perhatian dari orang tua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nilai rapor yang dicapai oleh peserta didik pada masa pandemi mungkin belum mencerminkan kemampuan anak yang sebenarnya karena terbatasnya proses pembelajaran.

"Nilai rapor yang didapatkan oleh peserta didik harus menjadi bahan refleksi bagi peserta didik, guru, dan orang tua," tulis Kompasianer Idris Apandi. (Baca selengkapnya)

2. Belajar Menjalani Kehidupan Orang Dewasa dari Karakter Siswa Tiap Tingkatan Sekolah!

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X