Kompas.com - 24/06/2021, 16:44 WIB
Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Gili Trawangan, contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah. KOMPAS/EVY RACHMAWATIPembangkit Listrik Tenaga Surya di Gili Trawangan, contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sumber daya alam diperbarui merupakan kekayaan yang ada di bumi dan bisa dimanfaatkan untuk kelangsungan hidup manusia dan bersifat tak pernah habis. Ada banyak contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Kebalikan dari sumber daya alam diperbarui adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui karena sifatnya yang relatif terbatas dan bisa habis apabila tidak dikelola dengan baik.

Selain itu, sumber daya yang bisa diperbarui relatif tidak meninggalkan polusi. Itu sebabnya, sumber daya ini sering kali disebut sebagai sumber daya bersih.

Dikutip dari National Geographic, berikut ini tiga contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sebagai berikut:

Baca juga: Biaya dan Syarat Membuat SKCK Terbaru di 2021

1. Angin

Angin merupakan salah satu contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui. Sumber daya ini melimpah di alam dan bisa didapatkan secara gratis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Banyak negara saat ini memanfaatkan angin untuk berbagai kepentingan, seperti pembangkit listrik, penggerak kapal layar, dan irigasi.

2. Geothermal

Geothermal adalah contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui berikutnya. Penerapannya banyak diaplikasikan sebagai pembangkit listrik panas bumi.

Panas yang dihasilkan dari perut bumi dipakai untuk memanaskan air sehingga menghasilkan uap. Uap air ini yang kemudian dialirkan ke turbin untuk menghasilkan energi listrik.

Baca juga: Bagaimana Cara Cek Tagihan Listrik PLN?

Panas bumi banyak terdapat di negara yang dilewati cicin api. Selama alam terjaga dengan baik, sumber daya ini relatif tak akan pernah habis.

3. Matahari

Solar atau matahari juga merupakan contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui yang paling mudah ditemui. Panas dari matahari banyak digunakan untuk pembangkit listrik tenaga surya.

Panas ditangkap dengan menggunakan panel surya untuk kemudian diubah menjadi listrik. Seiring meningkatnya tren energi bersih, pembangkit listrik tenaga surya semakin banyak dibangun di berbagai negara.

Baca juga: Tagihan Listrik Setiap Tanggal Berapa?

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X