Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Margo Yuwono Resmi Jadi Kepala BPS Gantikan Suhariyanto

Kompas.com - 25/06/2021, 12:31 WIB
Yohana Artha Uly,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) resmi memiliki pemimpin baru, yakni Margo Yuwono.

Ia menggantikan posisi Suhariyanto yang memasuki masa purna bakti pada Juni 2021.

Penunjukan Margo berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 79/TPA Tahun 2021 tentang Pemberhentian dari Jabatan Pimpinan Tinggi Utama dan Madya dan Pengangkatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan BPS.

Baca juga: BPS: Nilai Tukar Petani Naik 0,44 Persen pada Mei 2021

Pelantikan dilakukan oleh Menteri Perencana Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa secara virtual pada hari ini, Jumat (25/6/2021).

"Saya Menteri PPN/ Kepala Bappenas dengan ini secara resmi melantik sodara dalam jabatan yang baru di lingkungan BPS. Saya percaya bahwa sodara akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan," ujar dia saat pelantikan.

Dalam kesempatan itu, Margo pun mengambil sumpah jabatan sebagai Kepala BPS yang dipandu langsung oleh Suharso.

"Saya bersumpah, bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," sumpah Margo.

Ia mengatakan, akan menjalankan tugas jabatan, menjunjung etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Baca juga: BPS: Inflasi Mei 0,32 Persen, Ditopang Sektor Pertanian

Margo juga menyatakan akan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela.

"Maka dengan ini saya menyatakan sodara telah dilantik secara resmi," sahut Suharso.

Pada momentum pelantikan itu, sekaligus dilakukan pemberhentikan Suhariyanto dari posisinya sebagai Kepala BPS sejak menjabat pada 15 September 2016 lalu.

Suharso menyampaikan apresiasi kepada Suhariyanto selama menjalankan tugasnya sebagai pimpinan BPS.

"Saya sampaikan terima kasih atas nama pemerintah kepada Pak Suhariyanto selaku Kepala BPS periode sebelumnya, dan apresiasi atas royalitas, dedikasi, kerja cerdas dan keras selama mempimpin dan mengembangkan BPS sehingga meraih beberapa capaian sampai saat ini," ungkap Suharso.

Baca juga: BPS: Upah Buruh Tani hingga Asisten Rumah Tangga Alami Kenaikan

Sebagai informasi, mengutip laman resmi BPS, sebelum diangkat menjadi Kepala BPS, Margo menjabat sebagai Sekretaris Utama BPS sejak 26 Agustus 2020.

Ia juga pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Statistik Sosial pada tahun 2018.

Alumni Akademi Ilmu Statistik (AIS) tahun 1986 ini, pernah pula menjabat sebagai Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah di tahun 2016 serta sebagai Direktur Analisis dan Pengembangan Statistik di tahun 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com