Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakrie Bakal Pasok 30 Unit Bus Listrik ke Transjakarta

Kompas.com - 25/06/2021, 20:47 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) melalui PT Bakrie Autoparts akan memasok bus listrik ke PT Transportasi Jakarta (TransJakarta).

Presiden Direktur Bakrie & Brothers Anindya Novyan Bakrie mengatakan, pihaknya tengah menekuni pengembangan industri kendaraan listrik (electric vehicle/EV), salah satunya bus listrik.

Sejak 2018, Bakrie & Brothers telah menjalin kerja sama dengan BYD Auto untuk mengembangkan industri bus listrik di Indonesia. Kedua perusahaan telah menyepakati 4 tahap pengembangan serta produksi bus listrik ke depan.

Baca juga: Soal Pajak Sembako, BKF: Selama Ini Kami Cenderung Tak Ingin Bebani Rakyat...

Adapun tahapan tersebut meliputi importasi dan unjuk produk, penetrasi pasar, melakukan initial commercialization dan manufacturing, dan full commercialization.

"Yang menarik dari project bus listrik ini adalah business to business. Dimulai kerja sama kita dengan BYD Auto yang menurut kami adalah saingannya Tesla di China. Menariknya bisnis adalah yang dibutuhkan di awal working capital untuk mengimpor bus listrik ini," kata Anin dalam konfrensi pers virtualnya, Jumat (25/6/2021).

Ia menambahkan, akhir tahun ini, BNBR berencana untuk melakukan peletakkan batu pertama atau ground breaking fasilitas kendaraan listrik di atas lahan seluas 5 hektar di Bakauheni, Lampung. Fasilitas assembly line ini konstruksinya direncanakan akan berlangsung selama 6 bulan dengan nilai investasi sekitar 50 juta dollar AS.

Selain itu, besaran nilai yang disiapkan untuk pengembangan proyek bus listrik ini mencapai 30 juta dollar AS. Semua dana itu, lanjut Anin, diperoleh dari kas internal, peminjaman dana di perbankan, serta vendor financing.

"Dari sisi dana kira-kira untuk working capital itu sekitar 30 juta dollar AS. Sementara untuk industrialisasi, seperti membuat pabrik agar bisa melakukan impor substitution dari komponen-komponennya itu sampai 50 juta dollar AS," ucapnya.

Baca juga: Erick Thohir: Tak Sampai 50 Persen BUMN yang Siap Kompetisi dengan Swasta dan Asing

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com