Kompas.com - 25/06/2021, 22:00 WIB
Kantor Bakrie & Brothers KONTAN/CHEPPY A MUCHLISKantor Bakrie & Brothers

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakrie & Brothers (BNBR) melalui anak usahanya, PT Bakrie Power, menyepakati kerja sama dengan PT PLN (Persero) dalam proyek pengadaan dan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) hybrid di Desa Parak, Bontomanai, Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Penandatanganan kerja sama tersebut juga dilakukan dengan mitra kerja PT Dipa Jaya Sejahtera dan PT Syntek Otomasi Indonesia.

"Proyek-proyek di bawah PT Bakrie Power ini dikerjakan oleh PT Helio Synar Energi. Selain Selayar, dua jenis proyek EBT berikutnya yang akan kami fokuskan diantaranya adalah dedieselisasi dan PLTS Atap. Dedieselisasi market size-nya cukup besar, yakni sebesar 2 miliar dollar AS dan PLTS Atap sebesar 650 juta dollar AS," sebut Presiden Direktur BNBR Anindya Novyan Bakrie melalui konfrensi pers virtualnya, Jumat (25/6/2021).

PLTS Hybrid di Selayar ini direncanakan akan memiliki kapasitas sebesar 1,3 megawatt peak, dan diproyeksikan akan mulai beroperasi secara resmi pada Desember 2021. Pembangkit listrik ramah lingkungan ini akan menjadi sumber listrik tambahan bagi PLTD untuk dimanfaatkan oleh 27.892 pelanggan PLN di Kabupaten Selayar.

Baca juga: Bakrie Bakal Pasok 30 Unit Bus Listrik ke Transjakarta

"Memang, nilai investasi awal yang kami siapkan dalam sektor EBT ini belum terlalu besar, tetapi kami mengutamakan penguasaan teknologi yang tepat dan menjadi pelopor dalam pengembangan pembangkit energi terbarukan jenis hybrid ini di Indonesia," lanjut dia.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama PT Bakrie Power Dody Taufiq Wijaya mengatakan bahwa PLTS Hybrid Selayar merupakan proyek penting yang menandai dimulainya era konversi pembangkit diesel ke pembangkit renewable yang lebih bersih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, hadirnya PLTS Hybrid dinilai turut meningkatkan keandalan pasokan listrik dan perbaikan tegangan pelayanan pada masyarakat yang berada di sekitar lokasi tersebut.

"Di seluruh Indonesia ini masih ada ratusan pembangkit listrik bertenaga diesel yang kini dioperasikan PLN. Ini menjadi potensi amat besar untuk dapat dikonversi menjadi pembangkit EBT, seperti yang kami lakukan di PLTS Hybrid Selayar ini," ujarnya.

Baca juga: Erick Thohir: Tak Sampai 50 Persen BUMN yang Siap Kompetisi dengan Swasta dan Asing

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.