3 Pilihan Investasi yang Cocok untuk Beli Rumah Impian

Kompas.com - 26/06/2021, 08:23 WIB
Ilustrasi rumah idaman. SHUTTERSTOCK/LESZEK GLASNERIlustrasi rumah idaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bertahun-tahun ngekos atau tinggal di pondok mertua indah. Rasanya ingin punya rumah sendiri. Rumah idaman untuk dihuni maupun sebagai investasi.
Sudah berusaha mengumpulkan uang, tetapi belum juga cukup. Maklum, harga rumah mencapai ratusan juta rupiah per unit. Harga rumah subsidi saja paling murah sekitar Rp 150 jutaan.

Cara kamu menyisihkan uang untuk beli rumah sudah benar. Tetapi sebaiknya tidak dalam bentuk tabungan, melainkan investasi.

Menabung di bank bunganya kecil. Rata-rata 0,25 persen sampai 2 persen per tahun. Sementara laju inflasi berkisar 3 persen hingga 5 persen per tahun.

Bukannya simpanan bertambah, malah berkurang karena tergerus inflasi. Belum lagi potongan biaya administrasi saban bulan.

Baca juga: Setelah El Salvador, Paraguay Disebut-sebut Pertimbangkan Bitcoin Jadi Alat Pembayaran

Kalau kamu tanam modal pada instrumen investasi tepat, dapat memberi return atau imbal hasil cukup besar. Yang pasti, keuntungan investasi biasanya lebih tinggi dibanding inflasi.

Uangmu bakal bertumbuh atau nambah banyak. Dengan begitu, kamu bisa mencapai tujuan membeli rumah melalui investasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut instrumen investasi yang pas agar kamu dapat membeli rumah impian, seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Investasi saham

Untuk bisa mengumpulkan uang puluhan juta rupiah untuk DP rumah maupun cash senilai ratusan juta, kamu perlu instrumen investasi yang dapat memberi imbal hasil besar.

Salah satunya investasi saham. Memang tidak ada yang tahu pasti return saham dalam setahun. Namun rata-rata berkisar 12 sampai 15 persen per tahun. Bahkan bisa lebih dari 20 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X