Kompas.com - 26/06/2021, 13:30 WIB
ilustrasi Google wired.comilustrasi Google
Penulis Mutia Fauzia
|


LONDON, KOMPAS.com - Pemerintah Inggris tengah menjalankan investigasi terhadap Amazon dan Google.

Kedua perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat tersebut diduga telah melanggar undang-undang perlindungan konsumen setempat.

Dilansir dari CNN, Sabtu (26/6/2021) Keduanya dianggap tidak memberikan perlindungan yang cukup terhadap konsumen dari ulasan palsu atas produk yang ada di platform mereka.

Tindakan regulator Inggris merupakan yang terbaru dari rangkaian pemeriksaan yang dilakukan terhadap perusahaan teknologi oleh otoritas negara lain.

Baca juga: Google Didenda Pemerintah Prancis Rp 3,83 Triliun, Mengapa?

Seperti diketahui, regulator di beberapa negara tengah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa perusahaan teknologi karena dianggap telah melakukan tindakan monopoli.

Dari hasil investigasi tersebut dapat umumnya berupa hukuman denda yang cukup besar bagi perusahaan. Selain itu, biasanya regulator juga menekan perusahaan teknologi, termasuk Facebook dan Apple, untuk mengubah cara perusahaan menjalankan bisnis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris (CMA) mengatakan, penyelidikan resmi didasarkan pada penyelidikan awal yang dilakukan pada Mei lalu.

Dari hasil invesitgasi tersebut, Amazon dan Google bisa saja diminta mengubah cara mereka dalam menindak beragam ulasan palsu yang ada diplatform mereka.

"Kekhawatiran kami, jutaan orang yang berbelanja olen bisa tertipu dengan adanya ulasan palsu, kemudian membelanjakan uang mereka berlandaskan pada rekomendasi tersebut," ujar Chief Executive CMA Andrea Coscelli dalam keterangannya.

Baca juga: Amazon Rekrut Karyawan dan Tawarkan Bonus bagi Pekerja Baru yang Telah Divaksin

"Hal itu tentu tidak adil bisa beberapa pelaku usaha bisa memalsukan ulasan dengan memberi lima bintang untuk memberi jaminan atas produk mereka, sementara pelaku usaha yang patuh justru merugi," ujar dia,

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.