Bermodal Rp 200.000, Pria Ini Raup Omzet Jutaan per Minggu dari Jualan Keripik Pisang

Kompas.com - 27/06/2021, 10:26 WIB
Ilustrasi bisnis online Dok. ShutterstockIlustrasi bisnis online

BOGOR, KOMPAS.com – Seorang pria bernama Muhammad Farid (20) berhasil membangun usaha keripik pisang dari modal Rp 200.000 di tahun 2020 kini beromzet jutaan per minggu.

Pria yang berasal dari Kabupaten Citereup, Bogor ini mengaku rela berhenti kerja untuk memulai usahanya sebagai entrepreneur.

Sebelum memulai bisnis ini, Farid adalah seorang penjaga toko dengan penghasilan bulanan.

Baca juga: Tips Bisnis Jualan Baju agar Laris Manis

Namun, menyadari pekerjaan yang ia jalankan tidak memiliki prospek yang cerah untuk masa depannya, Farid nekat berhenti kerja dan memulai usaha membuat keripik pisang dengan merek dagang "Kelipik Picang".

“Saya waktu itu cuma memegang uang Rp 200.000 dan nekat jalan, alhamdulilah sampai sekarang, omzetnya sekitar Rp 1,5 juta seminggu,” kata Farid kepada Kompas.com, Minggu (26/5/2021).

Farid mengatakan, dalam memulai usahanya ini ia mengaku belum memiliki basic apapun, utamanya dalam mengolah pisang menjadi keripik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, ia terus melakukan riset dan melihat potensi serta peluang yang mungkin bisa ia manfaatkan dan ia kembangkan dari jenis makanan yang terlalu biasa seperti keripik pisang.

Dari hasil riset secara online, ia juga belajar cara mengolah pisang menjadi keripik agar produk yang dihasilkan bisa bertahan lama.

Baca juga: Mengilap di Awal Pandemi, Kini Bisnis Ikan Cupang Mulai Redup

Farid juga nelajar bagaimana berinovasi dari mulai ragam rasa dan juga desain kemasan.

Dalam proses pengembangan dan pemasaran produk, Farid juga bergabung dengan komunitas UMKM di daerahnya, Sahabat Dagang Milenial (SDM) yang berfokus mengembangkan produk UMKM lokal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.