Kompas.com - 27/06/2021, 15:42 WIB
Resta Pendopo KM 456 Salatiga di Tol Semarang-Solo. Dok. PT Trans Marga JatengResta Pendopo KM 456 Salatiga di Tol Semarang-Solo.


JAKARTA, KOMPAS.com – Terdapat fakta menarik dari Jalan Tol Semarang-Solo yang tarifnya naik mulai Minggu (27/6/2021) hari ini pukul 00.00 WIB.

Fakta menarik Tol Semarang-Solo terungkap melalui sebuah unggahan di akun Instagram @official.jasamargatransjawatol, yakni adanya Jembatan Lemah Ireng I.

“Bagi kalian yang pernah melalui Jalan Tol Semarang-Solo, pasti sudah tidak asing lagi dengan infrastruktur yang terletak di KM 440 ini,” demikian bunyi keterangan dalam akun @official.jasamargatransjawatol.

Baca juga: Resmi, Tarif Tol Semarang-Solo Naik Mulai Hari Ini

Rupanya, Jembatan Lemah Ireng I merupakan jembatan terpanjang di ruas jalan Tol Trans Jawa. Ini artinya jembatan terpanjang Tol Trans Jawa dimiliki oleh Tol Semarang-Solo.

Jembatan tersebut memiliki panjang total 879 meter dengan lebar 24,2 meter, yang dibangun pada tahun 2014 lalu.

“Selain itu, kalian pun dapat melihat panorama pegunungan yang indah bila melintasi jembatan ini,” sambung akun @official.jasamargatransjawatol.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nama jembatan Lemah Ireng diambil dari sebuah nama Desa Lemahireng di Kecamatan Bawen, Semarang.

Baca juga: Intip 19 Ruas Tol Baru yang Dijadwalkan Beroperasi di Tahun 2021

“Asal usul nama Lemahireng adalah tanah yang dibakar sehingga berwarna hitam pada abad 17 oleh Nyai Basyaruddin,” tulisnya.

Sebagaimana diketahui, mulai hari Minggu, 27 Juni 2021 pukul 00.00 WIB tarif baru di Ruas Jalan Tol Semarang-Solo resmi diberlakukan.

Penyesuaian tarif ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 752/KPTS/M/2021 tertanggal 9 Juni 2021.

Baca juga: Naik hingga Rp 10.000, Ini Tarif Baru Tol Semarang-Solo Mulai 27 Juni

Jalan tol Semarang-Solo menghubungkan Kota Semarang dan Surakarta (Solo). Tol yang terkenal dengan pemandangan Gunung Merbabu ini juga merupakan bagian dari ruas Tol Trans Jawa.

Dengan tarif baru ini, praktis biaya melintasi Tol Trans Jawa jadi lebih mahal dari tarif yang berlaku sebelum adanya kenaikan tarif Tol Semarang-Solo.

Sebelumnya, tarif Tol Semarang-Solo diatur dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 60/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Semarang Solo.

Baca juga: Siapkan Saldo Lebih, Tarif 2 Ruas Tol Trans-Jawa Ini Bakal Naik

Jika dibandingkan dengan tarif sebelumnya, kenaikan tarif Tol Semarang-Solo berkisar antara Rp 1.000 untuk jarak terdekat hingga Rp 10.000 untuk jarak terjauh.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.