Jasa Marga Lepas 14 Persen Saham di Tol JORR Ulujami-Kebon Jeruk

Kompas.com - 28/06/2021, 15:48 WIB
Jalan Tol JORR W2 (Ulujami-Kebon Jeruk). Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk.Jalan Tol JORR W2 (Ulujami-Kebon Jeruk).


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk resmi melepas 14 persen kepemilikan saham pada PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ), anak usahanya yang mengelola Jalan Tol JORR W2 Utara (Ulujami-Kebon Jeruk).

Secara resmi divestasi 14 persen kepemilikan saham Jasa Marga di PT MLJ dilakukan melalui penandatanganan Akta Jual Beli Saham atau Sale Purchase Agreement (SPA).

Penandatangan tersebut dilakukan dengan PT Jakarta Marga Jaya (JMJ) pada hari Senin (28/6/2021) secara sirkuler karena penerapan protokol kesehatan.

Baca juga: Tarifnya Naik, Ini Fakta Menarik Tol Semarang-Solo

Dalam keterangan resmi Jasa Marga, disebutkan bahwa penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur dan Direktur PT JMJ Firdaus Azis.

Apa alasan Jasa Marga melepas Sebagian saham di Tol JORR W2 Utara?

“Untuk terus menjaga struktur permodalan (capital structure) khususnya ekuitas serta untuk menjaga kinerja positif Perseroan, PT Jasa Marga (Persero) Tbk terus melakukan berbagai strategi pendanaan,” ujar Corporate Secretary Jasa Marga, Reza Febriano.

Baca juga: Tarif Tol JORR I dan Pondek Aren-Ulujami Naik, Ini Rinciannya

“Salah satunya, dengan melakukan divestasi pada sebagian saham PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ), anak usaha Jasa Marga yang mengelola Jalan Tol JORR W2 Utara (Ulujami-Kebon Jeruk),” sambungnya.

Sayangnya, pihak Jasa Marga enggan menyebutkan berapa harga divestasi saham tersebut. Artinya, nominal yang didapat Jasa Marga dari menjual 14 persen saham PT MLJ masih dirahasiakan.

“Sebelum pelaksanaan divestasi, PT MLJ dimiliki oleh Jasa Marga sebesar 65 persen dari total ekuitas dan PT JMJ sebesar 35 persen. Setelah transaksi, kepemilikan Jasa Marga menjadi 51 persen,” kata Reza.

PT MLJ merupakan Badan Usaha Jalan Tol pengelola Jalan Tol JORR W2 Utara (Ulujami-Kebon Jeruk) sepanjang 7,67 Km yang beroperasi penuh sejak tahun 2014 dengan hak konsesi selama 40 tahun (2005-2044).

Baca juga: Resmi, Tarif Tol Semarang-Solo Naik Mulai Hari Ini

Jalan Tol JORR W2 Utara ini merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol JORR I dari Rorotan hingga Penjaringan, sehingga masyarakat dapat langsung menuju Bandara Soekarno-Hatta dan sekitarnya.

Jaringan Jalan Tol JORR I juga menghubungkan beberapa ruas jalan tol, yaitu Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Jagorawi, Jalan Tol Jakarta-Tangerang dan Jalan Tol Sedyatmo, yang merupakan alternatif dari Jalan Tol Dalam Kota Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.