Warren Buffett Tak Wariskan Harta Kekayaan ke Anaknya, Mengapa?

Kompas.com - 28/06/2021, 20:39 WIB
Kekayaan Warren Buffett di masa pandemi (Maret-Desember 2020) naik 28,1 persen menjadi 86,5 miliar dollar AS (Rp 1,2 kuadrilun) AFP PHOTO/PAUL MORIGIKekayaan Warren Buffett di masa pandemi (Maret-Desember 2020) naik 28,1 persen menjadi 86,5 miliar dollar AS (Rp 1,2 kuadrilun)
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Warren Buffett mengatakan pihaknya akan lebih memillih memberikan harta warisan untuk disumbangkan ke kegiatan filantropi ketimbang kepada anak-anaknya.

Dilansir dari CNBC, Senin (28/6/2021), meski investor kawakan tersebut hampir mencapai tujuannya untuk menyumbangkan sebagian kekayaannya, Buffett masih memiliki 100 miliar dollar AS tersisa.

Buffett pun tak memiliki niatan untuk membagi kekayaan yang tersisa itu kepada anak-anaknya.

"Setelah melakukan pengamatan di keluarga super kaya, ini rekomendasi saya: Tinggalkan anak-anak sehingga meeka bisa melakukan banyak hal, namun sekaligus tak cukup banyak sehingga mereka tak bisa melakukan apa-apa," ujar investor yang memiliki sebutan Oracle of Omaha tersebut dalam sebuah pesan kepada para pemegang saham.

Baca juga: Perusahaan Investasi Milik Warren Buffet Catatkan Laba Bersih Rp 169,6 Triliun

Ia pun menambahkan, anak-anaknya yang sudah dewasa juga menjalankan kegiatan filantropi yang melibatkan baik uang dan waktu.

Pria berusia 90 tahun tersebut mengatakan, ia telah melakukan pengamatan terhadap perilaku dinasti, atau mewariskan kekayaan dalam jumlah besar antara satu generasi ke generasi lain, cenderung tak populer di Amerika Serikat, ketimbang di negara lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, bukan berarti Buffett tak memberikan apapun kepada anak-anaknya yang kini berusia sekitar 60an tahun.

Berdasarkan laporan The Washington Post pada tahun 2014 lalu, masing-masing anaknya memiliki yayasan senilai 2 miliar dollar AS yang didanai Buffett.

Ia pun mengatakan telah medonasikan sahamnya di Berkshire Hathaway senilai 4,1 miliar dollar AS di lima yayasan sebagai bagian dari upayanya untuk mendonasikan 99 persen dari total kekayaannya hingga akhir khayatnya kelak.

Baca juga: Bill Gates dan Warren Buffett Akan Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Dengan demikian, hingga saat ini total sumbangan yang telah ia lakukan untuk kegiatan filantropi mencapai 41 miliar dollar AS.

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.