[TREN OTOMOTIF KOMPASIANA] Mematikan Mesin Motor dengan Standar | Mematikan Mesin Motor dengan Standar | Tanda Ban yang Sudah Minta Diganti

Kompas.com - 29/06/2021, 03:03 WIB
Ilustrasi motor matik Stanly/OtomaniaIlustrasi motor matik

KOMPASIANA---Sebagai seorang pemilik dan pengendara sepeda motor, sudah menjadi kewajiban untuk mengerti dan mengetahui cara-cara perawatannya agar sepeda motor selalu dalam kondisi baik.

Memiliki sepeda motor yang selalu dalam kondisi baik selain bisa terhindar dari risiko kecelakaan juga dapat meminimalisir risiko ditilang karena ada bagian motor yang tak sesuai peraturan.

Merawat sepeda motor tak hanya dengan cara servis rutin ke bengkel. Ada beberapa hal yang mungkin kelihatan sepele tapi ternyata dampaknya penting.

Misalnya, bagi pengguna dan pemilik sepeda motor matik, hindari kebiasaan mematikan mesin motor dengan standar. Hal ini ternyata bisa menyebabkan aki motor mudah soak.

Selain kebiasaan buruk itu, berikut ini ada beberapa konten menarik di Kompasiana terkait perawatan sepeda motor.

1. Awas, Kebiasaan Mematikan Mesin Motor dengan Standar Samping Bisa Bikin Aki Soak

Pengguna motor matik tentu tak asing dengan fitur side stand. Fitur side stand itu membuat mesin motor yang sedang berada dalam posisi standar samping turun ini tak dapat menyala.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, fitur ini juga bisa digunakan untuk mematikan mesin motor secara otomatis hanya dengan menurunkan standar samping.

Akan tetapi, Kompasianer Meirri Alfianto menuliskan ternyata kebiasaan mematikan mesin dengan menurunkan standar samping ini ternyata dapat berdapmpak buruk bagi aki motor.

Aki motor bisa cepat soak jika pengguna motor matik sering melakukan kebiasaan mematikan mesin dengan standar samping. Kenapa begitu? (Baca selengkapnya)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.