Catat, Mulai Besok Pendaftaran CPNS dan PPPK Telah Dibuka

Kompas.com - 29/06/2021, 15:39 WIB
Laman pendaftaran CPNS 2021, www.sscasn.bkn.go.id. sscasn.bkn.go.idLaman pendaftaran CPNS 2021, www.sscasn.bkn.go.id.

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah resmi mengumumkan bahwa pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non-Guru maupun Guru akan dimulai Rabu besok (30/6/2021).

Dengan demikian, bagi pelamar yang ingin mengikuti seleksi calon kepegawaian pemerintahan, bisa membuat akun sekaligus mendaftarkan secara daring (online) pada situs resmi SSCASN (sscasn.bkn.go.id).

"Pengumumannya sendiri menurut peraturan perundang-undangan itu berlaku 14 hari. Jadi, pengumumannya sendiri akan disampaikan pada tanggal 30 Juni sampai dengan 14 Juli 2021," kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen dalam konfrensi pers virtualnya, Selasa (29/6/2021).

Baca juga: Cara dan Syarat Membuat SKCK untuk CPNS

"Sementara pendaftarannya, begitu kita mengumumkan tanggal 30 Juni besok, maka sekaligus bisa dibuka pendaftaran. Dapat juga kami informasikan bahwa pengumuman pendaftaran tadi tidak hanya berlaku bagi Calon Pegawai Negeri Sipil maupun calon pegawai PPPK Non-Guru, tetapi juga PPPK Guru," tambahnya.

Ia kembali memaparkan, usai masa pendaftaran berakhir, instansi yang membuka rekrutmen CPNS, PPPK Non-Guru serta Guru mulai melakukan verifikasi administrasi para peserta seleksi.

"Pendaftaran ini menurut peraturan perundang-undangan harus dibuka sekurang-kurangnya tiga minggu kalender. Jadi nanti, pendaftaran dari 30 Juni sampai dengan 21 Juli 2021. Setelah dilakukan pendaftaran, maka instansi melakukan verifikasi seleksi administrasi yang hasilnya akan diumumkan pada 29 Juli 2021," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari hasil seleksi tadi akan dilakukan masa sanggah yang diberikan waktu selama tiga hari, dari 30 Juli hingga 1 Agustus.

Kemudian, instansi menyampaikan masa sanggahan tersebut kepada BKN. Lalu, BKN wajib menjawab masa sanggahan itu selama tujuh hari yang merupakan batas akhir waktu sanggahan.

Lebih lanjut kata Suharmen, saat BKN menjawab masa sanggahan tersebut maka memasuki tahap di mana para pelamar CPNS, PPPK Non-Guru maupun Guru akan diumumkan kelolosannya untuk mengikuti seleksi kompetisi dasar (SKD).

"Kemudian, dilakukan pengumuman pasca masa sanggah pada 9 Agustus. Nah inilah hasil akhir pengumuman masa sanggah ini mengetahui siapa saja yang bisa ikut seleksi kompetisi dasar bagi CPNS. Yang direncanakan masa pelaksanaan seleksinya sendiri pada 25 Agustus sampai dengan tanggal 4 Oktober 2021," jelasnya.

PPPK Guru

Sementara itu, untuk pendaftaran bagi calon PPPK Guru, dipastikan tidak ada perbedaan dengan CPNS dan PPPK Non-Guru. Namun, yang membedakan nantinya adalah dari segi verifikasi administrasi dan pelaksanaan seleksi bagi calon PPPK Guru.

Baca juga: KKP Buka 200 Formasi CPNS 2021 untuk Posisi Penyuluh Perikanan

Calon PPPK Guru akan ditangani langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Pelaksanaan seleksi calon PPPK Guru sendiri akan dilakukan tiga tahap. Untuk tahap pertama, akan dilakukan pada bulan Agustus. Tahap kedua di bulan Oktober. Kemudian tahap ketiga, akan berlangsung di bulan Desember.

"Jadi, tidak ada perbedaan pendaftaran antara ketiga jenis tadi. Sementara yang membedakan adalah dari sisi seleksi dan verifikasi administrasinya. Karena verifikasi administrasinya khusus untuk PPPK Guru, itu akan dilakukan di Kementerian Dikbud. Karena akan dicocokan dengan data yang ada di Dapodik. Sementara pelaksanaan seleksinya akan dilakukan melalui CAT UNBK," jelasnya lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.