Kemanaker Pastikan Layanan e-PP dan e-PKB Tetap Dibuka

Kompas.com - 29/06/2021, 18:48 WIB
Menaker Ida Fauziyah saat menyaksikan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) hasil audit BPK RI Tahun 2020 melalui video conference di kediamannya, Jakarta, Jumat (25/6/2021).
DOK. Humas KemenakerMenaker Ida Fauziyah saat menyaksikan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) hasil audit BPK RI Tahun 2020 melalui video conference di kediamannya, Jakarta, Jumat (25/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Ketenagakerjaan memastikan layanan Pengesahan Perusahaan (PP) dan pendaftaran Perjanjian Kerja Bersama (PKB) secara online atau e-PP dan e-PKB tetap akan berlanjut di masa pandemi Covid-19.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan layanan ini tetap berlanjut mengingat pandemi Covid-19 yang belum usai.

Di sisi lain, sebagai upaya mengikuti tuntutan perkembangan zaman dengan berbasis teknologi, mengharuskan pelayanan lebih cepat dan praktis melalui sistem aplikasi e-PP dan e-PKB.

Baca juga: 131 Pekerja Migran Bermasalah Gelombang 2 Dideportasi dari Malaysia

“Layanan ini harus terintegrasi dengan Sistem Informasi ketenagakerjaan (Sisnaker) agar pendataan bisa terintegrasi dalam pelayanan satu atap satu pintu,“ ujar Ida Fauziyah, dalam Siaran Pers Selasa (29/6/2021)

Ida menjelaskan, manfaat PP atau PKB bagi pekerja dan pengusaha yakni memastikan adanya pengaturan hak dan kewajiban pekerja dan pengusaha dalam pengaturan tata tertib yang berlaku di perusahaan.

Melalui PP dan PKB, pedoman bagi pengusaha dan pekerja dalam melaksanakan hubungan kerja dan hubungan kerja antar pekerja akan diatur dengan jelas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Blok Rokan Akan Beralih dari Chevron ke Pertamina, Bagaimana Nasib Pekerja?

“Manfaat lain PP dan PKB yakni sebagai sarana peningkatan kesejahteraan pekerja buruh dan keluarganya, serta instrumen dalam penyelesaian perselisihan hubungan industrial dan mewujudkan ketenangan bekerja dan kelangsungan usaha,“ ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.