Kompas.com - 29/06/2021, 20:08 WIB
ilustrasi rupiah, ilustrasi anggaran thikstockphotosilustrasi rupiah, ilustrasi anggaran

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau PT SMI membukukan laba bersih sebesar Rp 754 miliar hingga akhir Mei 2021, meski di tengah masa pandemi Covid-19.

Seiring dengan torehan laba tersebut, perusahaan pelat merah di bawah Kementerian Keuangan ini mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp 2,13 triliun hingga Mei 2021.

"Dalam pengelolaan pendanaan kami pun sudah bukukan laba, yang kami peroleh walaupun memang posisisnya saat ini lebih menantang dibandingkan tahun lalu, dan memang kami terus upayakan untuk bertumbuh," ujar Direktur Operasional & Keuangan PT SMI Darwin Trisna Djajawinata dalam konferensi pers virtual, Selasa (29/6/2021).

Baca juga: Waskita Gandeng BUMN China Garap Proyek Infrastruktur RI, Ini Kata Erick Thohir

Pada periode yang sama, perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan dan penyiapan proyek infrastruktur ini, mendapatkan komitmen sebesar Rp 111,69 triliun dan outstanding senilai Rp 70,28 triliun, dengan nilai proyek yang telah dibiayai sebesar Rp 704,35 triliun.

Di sisi lain, pada tahun 2020 PT SMI pun mendapatkan penugasan untuk menyalurkan dana program pemulihan ekonomi nasional (PEN) kepada pemerintah daerah (pemda) dan BUMN berupa pinjaman senilai Rp 20 triliun.

Total dana tersebut berasal dari pemerintah sebesar Rp 10 triliun dan dari PT SMI sebesar Rp 10 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perseroan telah menyalurkan dana PEN berupa investasi pemerintah senilai Rp 15 triliun untuk tiga BUMN, yakni PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

"Dana tersebut ditujukan untuk membantu kinerja masing-masing BUMN dalam mengatasi dampak pandemi terhadap pendapatan usaha," katanya.

Ia memastikan, PT SMI akan terus mendukung proyek-proyek strategis nasional yang bermanfaat bagi masyarakat luas untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan, seperti proyek terkait climate change dan green energy.

Baca juga: Waskita Karya Teken Perjanjian Jual-Beli 2 Ruas Tol dengan SMI

Selain itu, juga berkolaborasi dengan para stakeholder untuk terus melakukan capacity building dan sosialisasi terkait produk-produk pembiayaan inovatif PT SMI, seperti platform SDG Indonesia One (SIO) dan Green Bond dengan tujuan mengoptimalisasi pembiayaan proyek infrastruktur berwawasan lingkungan di Indonesia.

Di sisi lain, lanjut dia, PT SMI akan menjaga dan mengoptimalkan kepercayaan publik dalam setiap kegiatan bisnisnya melalui pengelolaan dan mitigasi risiko yang baik, dengan menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good coorporate governance/GCG), transparansi, dan akuntabel.

"Agar setiap aktivitas bisnis PT SMI pun berdampak positif terhadap aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan," pungkasnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.