Kementerian PUPR Genjot Pembangunan Jalan Lingkar Kota Kendari

Kompas.com - 30/06/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi jalan raya. SHUTTERSTOCK/THE MOLOSTOCKIlustrasi jalan raya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat pembangunan Jalan Lingkar Kota Kendari di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan bertujuan memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan perjalanan pengendara.

"Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar," ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (29/6/2021).

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Tenggara Yohanis Tulak Todingrara mengatakan, pembangunan Jalan Lingkar Kota Kendari dengan total panjang sekitar 33 km bertujuan untuk membagi volume kendaraan yang akan melintasi Kota Kendari. Khususnya dari Pelabuhan Kendari ke pusat kawasan industri Konawe serta akses menuju ke Bandara Haluoleo dari Kabupaten Konawe dan Konawe Utara.

Baca juga: Telisik Proposal Pajak Sri Mulyani ke DPR, dari PPN hingga Cukai Plastik

Jalan lingkar Kendari nantinya akan menghubungkan Jembatan Teluk Kendari-Pelabuhan Bungkutoko (New Port Kendari)-Kawasan Industri Konawe di Morosi.

"Pertumbuhan lalu lintas di Kota Kendari yang merupakan Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara cukup besar, di mana angkutan logistik yang masuk dan keluar Kota Kendari melewati jalan dalam kota Kendari sehingga kerap menyebabkan kemacetan dan berpotensi menyebabkan kecelakaan akibat jalan umum yang relatif belum standar, maka Kementerian PUPR, Pemeritah Provinsi Sultra dan Pemerintah Kota Kendari membangun Jalan Lingkar Kota Kendari," ujar Tulak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut dia menjelaskan, pada tahun 2019 hingga 2020, Pemkot Kendari telah melaksanakan lanjutan pembangunan sekitar 8 km dengan kontrak tahun jamak. Namun akibat Pandemi Covid-19, pekerjaan tersebut tersendat sehingga masih tersisa sekitar 22 km yang belum teraspal.

Baca juga: Begini Cerita Susi Pudjiastuti soal Ivermectin

Pada tahun ini hingga 2022, Kementerian PUPR akan melaksanakan pembangunan jalan sepanjang 14 km.

Tulak mengatakan pembangunan Jalan Lingkar Kota Kendari sepanjang 14 km sudah dimulai oleh BPJN Sulawesi Tenggara menggunakan anggaran APBN senilai Rp 69,27 miliar dengan kontrak tahun jamak yang dikerjakan oleh Penyedia Jasa PT Usaha Subur Sejahtera. Ditargetkan proyek tersebut akan rampung pada 2022.

Dengan adanya jalan lingkar tersebut, kondisi jalan dalam Kota Kendari dinilai bisa lebih awet karena kendaraan besar memiliki jalur alternatif. Selain itu, jalan tersebut juga diharapkan akan menekan angka kecelakaan lalu lintas dan memberikan dampak positif peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

Baca juga: Produsen Gas: Stok Tabung Oksigen Aman selama Masyarakat Tak Menimbun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.