Musim Kenaikan Tarif Tol Tiba, Ruas-ruas Ini Bakal Lebih Mahal

Kompas.com - 30/06/2021, 13:53 WIB
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Gempol-Pasuruan Seksi 2 Rembang-Pasuruan di Gerbang Tol (GT) Pasuruan, Jumat (22/6/2018). Erwin Hutapea/Kompas.comPresiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Gempol-Pasuruan Seksi 2 Rembang-Pasuruan di Gerbang Tol (GT) Pasuruan, Jumat (22/6/2018).


JAKARTA, KOMPAS.com – Musim kenaikan tarif tol kembali tiba. Setelah tarif Tol Semarang-Solo naik pada 27 Juni 2021 lalu, kini giliran sejumlah ruas lain yang segera menyusul dalam waktu dekat.

Praktis, para pengendara harus menyiapkan saldo lebih pada kartu tol elektroniknya. Pasalnya, pemberlakuan tarif baru dipastikan akan mematok harga lebih mahal dari sebelumnya.

Pada ruas Tol Semarang-Solo saja misalnya, penyesuaian tarif baru diatur berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 752/KPTS/M/2021 tertanggal 9 Juni 2021.

Baca juga: Tarifnya Naik, Ini Fakta Menarik Tol Semarang-Solo

Sebelumnya, tarif Tol Semarang-Solo diatur dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 60/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Semarang Solo.

Jika dibandingkan dengan tarif sebelumnya, kenaikan tarif Tol Semarang-Solo berkisar antara Rp 1.000 untuk jarak terdekat hingga Rp 10.000 untuk jarak terjauh bagi kendaraan Golongan 1.

Kini, tarif sejumlah ruas tol lainnya juga akan lebih mahal. Rencana kenaikan tarif tol ini terungkap dari unggahan beberapa akun media sosial milik anak perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Berikut ulasan mengenai ruas-ruas tol yang tarifnya segera naik dalam waktu dekat.

Penyesuaian tarif di ruas Tol Batang-Semarang

Akun Instagram resmi @jasamarga_semarang_batang menyebut bahwa dalam waktu dekat ini akan berlaku kenaikan tarif Tol Batang - Semarang.

“Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 777/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Batang-Semarang,” tulis akun tersebut dalam unggahannya, dikutip pada Rabu (30/6/2021).

Baca juga: Jasa Marga Lepas 14 Persen Saham di Tol JORR Ulujami-Kebon Jeruk

Akun tersebut meminta bahwa agar aman dan nyaman berkendara, selalu pastikan kecukupan saldo uang elektronik, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, dan hati-hati dalam berkendara.

Sebagai informasi, Tol Batang - Semarang dikelola oleh PT Jasamarga Semarang Batang (JSB). Jalan tol sepanjang 75 Km ini menghubungkan Kabupaten Batang, Kendal dan Kota Semarang serta merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.