Atasi Tumpahan Minyak di Laut, RI Jadwalkan Latihan Bareng Jepang dan Filipina

Kompas.com - 30/06/2021, 16:51 WIB
Static boom dan kapal combat milih PHE ONWJ yang bekerja membersihkan tumpahan minyak di laut Dok. Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ)Static boom dan kapal combat milih PHE ONWJ yang bekerja membersihkan tumpahan minyak di laut


JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia didapuk sebagai tuan rumah dalam Regional Marine Polution Exercise (Marpolex Regional) yang akan digelar di Makassar, Sulawesi Selatan, tahun 2022 mendatang.

Latihan dua tahunan untuk mengatasi persoalan tumpahan minyak di laut ini akan diikuti coast guard dari tiga negara, yakni Indonesia, Jepang, dan Filipina.

Marpolex Regional terakhir diselenggarakan di tahun 2019 di Davao City, Filipina. Sesuai jadwal, Marpolex Regional berikutnya seharusnya diadakan di Indonesia pada tahun 2021.

Baca juga: Sempat Jatuhkan Bukti ke Laut, KKP Bekuk 2 Kapal Asing Asal Malaysia dan Filipina

"Namun, kondisi global Covid-19 yang luar biasa memaksa kami untuk menunda Marpolex Regional menjadi 2022,” ujar Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Ahmad dalam keterangannya, Rabu (30/6/2021).

Terkait pelaksanaan ajang tersebut, pada hari ini juga Direktorat KPLP melakukan pertemuan secara virtual untuk memantapkan persiapan Marpolex bersama dua peserta lainnya, yakni Jepang dan Filipina.

Konferensi ini membahas seluruh detil persiapan kegiatan Regional Marpolex 2022 baik untuk persiapan administrasi maupun teknis saat pelaksanaan yang meliputi unsur-unsur kapal, peralatan maupun sumber daya manusia yang akan terlibat di dalam latihan bersama tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Meskipun tahun ini menjadi tahun yang sangat menantang karena kita hanya bisa bertemu secara virtual. Saya percaya bahwa kita dapat melaksanakan diskusi secara produktif dengan hasil maksimal walaupun dalam kondisi yang terbatas," kata Ahmad.

Baca juga: Dorong Tol Laut, Kapal Ternak di NTB Bisa Angkut 500 Sapi Sekali Jalan

Ahmad menjelaskan, pertemuan dalam rangka persiapan ini memiliki peranan yang sangat penting untuk dapat menyamakan dan mensinkronisasikan visi dan tujuan sebagai bagian dari persiapan Marpolex Regional 2022.

“Jadi hari ini, kami mengadakan konferensi untuk membahas semua hal yang diperlukan untuk latihan tahun depan. Semoga dalam Marpolex Regional tahun depan, kami dapat melaksanakan latihan di perairan Makassar dengan baik” jelasnya.

Sebagai informasi, Marpolex digelar berdasarkan perjanjian bilateral antara Indonesia-Filipina yakni Sulu Sulawesi Oil Spill Response Network Plan 1981.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.