Kompas.com - 01/07/2021, 08:09 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi

CHICAGO, KOMPAS.com - Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik pada Rabu (30/6/2021) waktu setempat.

Kenaikan harga logam mulia ini ditopang oleh investor yang menyesuaikan posisi menjelang rilis laporan pekerjaan bulanan AS.

Kontrak emas teraktif untuk pengiriman Agustus naik 8 dollar AS, atau 0,45 persen, ditutup pada 1.771,6 dollar AS per ounce.

Baca juga: Turun Rp 5.000, Simak Rincian Harga Emas Antam Hari Ini

Emas mengalami penurunan harga lebih dari 7 persen pada bulan Juni, tetapi mengalami kenaikan sekitar 5 persen pada kuartal kedua, dan penurunan 6,6 persen pada paruh pertama tahun ini.

Data ekonomi yang dirilis pada hari Rabu beragam. Chicago Business Barometer, juga dikenal sebagai indeks pembelian manajer Chicago (PMI), turun menjadi 66,1 pada Juni dari 75,2 pada bulan sebelumnya, angka tertinggi sejak Desember 1983.

Automated Data Processing Inc. melaporkan bahwa lapangan kerja sektor swasta AS meningkat sebesar 692.000 pekerjaan pada bulan Juni, lebih rendah dari 886.000 pekerjaan yang tercipta pada bulan Mei.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara harga perak untuk pengiriman September naik 29,3 sen, atau 1,13 persen, menjadi 26,194 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober naik 2,3 dolar, atau 0,21 persen, ditutup pada 1,072,9 dollar per ounce.

Baca juga: Ini Usul Para Pakar soal Izin Tambang Emas Sangihe

Sementara itu harga minyak pada akhir perdagangan Rabu waktu setempat (Kamis WIB) juga naik setelah data menunjukkan penurunan besar dan kuat dalam stok minyak mentah AS.

West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus bertambah 49 sen menjadi di 73,47 dollar AS per barrel di New York Mercantile Exchange.

Adapun minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus naik 37 sen menjadi ditutup pada 75,13 dollar AS per barrel di London ICE Futures Exchange.

Halaman:


Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.