Kompas.com - 01/07/2021, 12:11 WIB
Bank Neo Commerce (dok. BNC) dok BNCBank Neo Commerce (dok. BNC)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Neo Commerce Tbk (Bank Neo) menggandeng fintech Arash-Wallyt mengembangkan metode pembayaran melalui QR Code. Metode QR Code ini akan dapat dinikmati oleh nasabah Bank Neo pada akhir semester 2 tahun 2021.

Direktur Utama Bank Neo Tjandra Gunawan mengatakan, demi memenuhi kebutuhan Neo Customers yang menginginkan layanan praktis dalam menunjang produktivitas mereka, transaksi pembayaran digital menjadi salah satu fitur yang diprioritaskan perusahaan.

“Dalam situasi pandemi saat ini, masyarakat perlu mengurangi mobilisasi dan kontak fisik, sehingga pembayaran digital menjadi solusi terbaik, yang aman, cepat, dan nyaman. Dengan kolaborasi ini, Bank Neo dapat membangun ekosistem bank digital lebih kuat dan menghasilkan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” kata Tjandra dalam siaran pers, dikutip Kamis (1/7/2021).

Baca juga: 7 Bank Ini dalam Proses Perizinan Jadi Bank Digital, Apa Saja?

Bank Indonesia juga mencatat perkembangan pembayaran non-tunai atau pembayaran digital selama setahun belakang mengalami kontraksi di mana pemakaian uang elektronik tercatat sebesar 32 persen atau setara dengan Rp 266 triliun dan angka ini diprediksi masih akan terus meningkat.

Sementara itu, riset Bank Neo yang dilakukan Maret 2021 mencatat, baik responden yang terbiasa maupun yang belum terbiasa menggunakan mobile banking sama-sama sering memakai e-wallet sebagai pembayaran digital. Kebanyakan dari mereka menggunakannya untuk membayar transaksi satuan seperti transportasi umum dan pembayaran lainnya.

“Kami harapkan dengan hadirnya sistem pembayaran dalam aplikasi neo+ nantinya dapat memberikan opsi yang semakin memudahkan masyarakat mengatur pengeluaran mereka sehari-hari,” tambah Tjandra.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam mengembangkan metode pembayaran digital Arash-Wallyt mengembangkan dua system utama dalam fitur pembayaran digital Bank Neo, yakni pengembangan pembayaran kartu debit online, di mana Neo Customers dapat langsung mendaftarkan kartu debit Bank Neo ke berbagai aplikasi e-commerce atau transportasi untuk melakukan pembayaran digital.

Kedua, pengembangan pembayaran berbasis kode QR, yang akan memudahkan Neo Customers melakukan pembayaran cashless di toko offline demi mengurangi kontak fisik ketika menggunakan mesin EDC atau uang tunai.

“Kami berharap kerja sama ini dapat membantu Bank Neo untuk melayani Neo Customers khususnya dalam melakukan transaksi digital tanpa hambatan serta turut membantu mengembangkan perekonomian digital di Indonesia,” ujar Direktur Arash Herlina Kalla.

Baca juga: Bank Neo Commerce Bakal Terbitkan Saham Baru



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.