Bank Digital Terus Tumbuh, Ekonomi Digital Indonesia Diproyeksi Jadi Terbesar Se-Asia Tenggara pada 2025

Kompas.com - 01/07/2021, 17:57 WIB
Ilustrasi bank digital di Indonesia. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi bank digital di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonomi digital Indonesia diproyeksi terus mengalami pertumbuhan, seiring dengan semakin maraknya bank digital yang beroperasi di dalam negeri.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, dengan kehadiran bank digital, ekonomi digital nasional berpotensi menjadi yang terbesar di kawasan Asia Tenggara pada 2025.

"Dengan kontribusi transaksi digital 124 miliar dollar AS atau Rp 1.736 triliun," kata Wimboh dalam sebuah webinar Bank Digital, Solusi Kemudahan Bertransaksi di tengah Pandemi, dikutip Kamis (1/7/2021).

Baca juga: Bank Digital Buatan BCA Akan Diluncurkan pada 2 Juli 2021

Menurut orang nomor satu OJK itu, dengan berbagai faktor pendukung, Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan industri keuangan berbasis digital.

Faktor pendukung pertama, yakni besarnya populasi Indonesia, yang saat ini mencapai sekitar 272 juta penduduk, di mana 137 juta di antaranya adalah angkatan kerja.

Selain itu, sebanyak 175 juta penduduk atau sebesar 65,3 persen populasi merupakan pengguna internet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan catatan Kementerian Koperasi dan UMKM, pada 2020 terdapat 129 juta penduduk Indonesia yang menggunakan e-commerce, dengan nilai transaksi mencapai Rp 266 triliun.

"Kami berharap, pandemi Covid-19 ini menjadi momentum bagi kita semua untuk bertransformasi melalui digital, sehingga industri jasa keuangan mampu menjadi industri yang kompetitif, memiliki ketahanan, serta berkelanjutan dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional," tutur Wimboh.

Baca juga: Segera Meluncur, Ini Nama Bank Digital Keluaran BCA

Namun demikian, Wimboh mengakui, butuh strategi untuk mengoptimalkan potensi ekonomi digital tersebut dengan cepat.

"Karena global player akan berjalan lebih cepat dari apa yang kita lakukan. Indonesia akan menjadi penonton, akan menjadi pasar dari para pelaku di luar Indonesia," kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.