Kompas.com - 01/07/2021, 20:29 WIB
Suasana Matahari Department Store di Pasaraya Manggarai, Jakarta, Selasa (19/9/2017). KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOSuasana Matahari Department Store di Pasaraya Manggarai, Jakarta, Selasa (19/9/2017).
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah akan memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai 3 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021. Hal ini dinilai akan berimbas terhadap berbagai sektor usaha di tanah air, termasuk gerai retail.

CEO Matahari Department Store (LPPF) Terry O'Connor mengatakan, Matahari akan menutup 86 gerai selama PPKM Darurat. Hal itu diperkirakan menurunkan pendapatan perusahaan hingga 56 persen pada Juli 2021.

Saat ini total gerai Matahari Departement Store di seluruh Indonesia berjumlah 148 gerai.

"Gerai Matahari di Jawa dan Bali saat ini terdapat 89 gerai yang berkontribusi sebesar 56 persen dari pendapatan perusahan. Sangat buruk ketika perusahaan mengalami kehilanagan pendapatannya 56 persen," kata Terry secara virtual, Kamis (1/7/2021).

Baca juga: PPKM Darurat, Bank dan Pasar Modal Beroperasi secara Terbatas

Terry mengatakan, pihaknya juga telah bersiap jika PPKM ini akan diperpanjang hingga Agustus mengingat virus Covid-19 varian Delta 6 kali lebih mudah menular dibandingkan varian Alpha.

Terkait dengan kebijakan tersebut, Terry meminta kepada pemerintah untuk memberikan dukungan kepada para pelaku retail.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab kata dia, selama ini perusahaan retail sudah terpukul dan turut mengeluarkan biaya tambahan selama pandemi Covid-19.

"Kami butuh support dari pemerintah Indonesia terkait dengan biaya agar sektor industri ini bisa bertahan. Saat pandemi kami juga mengeluarkan biaya tambahan, seperti perlengkapan protokol kesehatan, sanitasi, vaksinasi dan kebutuhan healthcare,” ujar Terry.

Baca juga: PPKM Darurat Jawa-Bali, Luhut Pastikan Masyarakat Dapat Bansos

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.