Kompas.com - 01/07/2021, 20:43 WIB
Ilustrasi : Bursa Efek Indonesia KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi : Bursa Efek Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi menyebutkan ada perusahaan dengan valuasi 1 miliar dollar AS (unicorn) akan menawarkan saham perdananya atau initial public offering (IPO) di BEI pada tahun ini.

Kendati tidak disebutkan nama calon emiten itu, pihak BEI bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah mempersiapkan IPO para perusahaan berstatus unicorn tersebut.

"Patut saya share sedikit bahwasanya kami sedang melakukan diskusi intens dengan OJK dan stakeholder, untuk merumuskan regulasi-regulasi yang memungkin para startup tersebut bisa melakukn IPO. Mudah-mudahan tahun ini, unicorn ada dua atau tiga yang masuk di dalam listed di Bursa kita," ujarnya secara virtual, Kamis (1/7/2021).

Baca juga: Jadi Syarat Berpergian Selama PPKM Darurat, Ini Cara Download Kartu Vaksin

Inarno mengatakan sebanyak 23 perusahaan yang telah tercatat sahamnya di BEI, dengan fund raise mencapai Rp 7,14 triliun. Hal ini membuat jumlah perusahaan yang listing di Bursa mencapai 735.

"Indonesia termasuk negara yang paling aktif diantara negara-negara ASEAN. Pertumbuhan ini kita harapkan juga masih cukup bagus karena saat ini kita masih ada 24 perusahaan tercatat di pipeline kita. Mudah-mudahan semuanya bisa listed pada tahun ini," kata dia.

Inarno menuturkan selama pandemi pemanfaatan teknologi memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan investor dalam setahun ini. Per akhir Mei 2021, jumlah investor telah mencapai 2,4 juta investor saham dan 5,7 juta investor pasar modal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan jumlah investor yang aktif bertransaksi hingga akhir Mei 2021 mencapai 203.000 per hari atau tumbuh 113 persen dari rata-rata tahun sebelumnya.

Baca juga: PPKM Darurat, Matahari Bakal Tutup 86 Gerai

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.