Kompas.com - 02/07/2021, 11:17 WIB
SPBU BP KONTAN/DOK AKRASPBU BP

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) masih akan memacu bisnis Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk segmen ritel. Tahun ini, emiten perdagangan dan distribusi BBM serta kimia dasar itu berencana membuka SPBU BP-AKR baru di 20 lokasi.

Direktur PT AKR Corporindo Tbk Suresh Vembu mengatakan, ekspansi penambahan SPBU BP-AKR akan memanfaatkan pendanaan baik dari AKRA maupun pihak BP.

“Perkiraaan saya investasi butuh antara 18 juta dollar AS-20 juta dollar AS, untuk bangun SPBU, 20 pompa bensin, di Jabotabek dan juga di Surabaya,” kata Suresh seperti dilansir Kontan.co.id, Jumat (2/7/2021).

Baca juga: Gunakan HP Saat Transaksi di SPBU, Aman atau Tidak?

Sebagai informasi, AKRA bersama BP melalui perusahaan patungan antara keduanya, PT Aneka Petroindo Raya (APR), telah membuka SPBU BP-AKR di 16 lokasi.

Sebanyak 11 lokasi di antaranya berada di wilayah Jabodetabek, sedangkan sisanya berlokasi di rest KM 72A tol Cipularang arah Bandung (1 lokasi) dan Surabaya (4 lokasi).

Suresh menuturkan, rencana penambahan SPBU BP-AKR pada tahun ini merupakan bagian dari rencana besar APR untuk membuka sebanyak 350 SPBU. Agenda ini berdasar pada optimisme perusahaan atas prospek bisnis SPBU di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kian Bertebaran, Berapa Jumlah SPBU Shell Indonesia?

Menurut dia, rasio perbandingan antara jumlah pompa bensin dengan populasi penduduk di Indonesia baru mencapai sekitar 1:45.000. Padahal berdasarkan catatannya, angka rasio perbandingan jumlah SPBU dengan jumlah populasi di beberapa negara lain di ASEAN sudah mencapai sekitar 1:15.000.

“Kalau Filipina, Thailand, Malaysia itu 1 banding 15.000, artinya ada banyak peluang dan opportunity untuk buka pompa bensin (di Indonesia),” kata Suresh. (Muhammad Julian)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Tahun ini, AKR Corporindo akan buka 20 SPBU BP-AKR baru di Jabotabek dan Surabaya

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.