Indofarma: Harga Eceran Tertinggi Ivermectin Rp 157.700 Per Botol

Kompas.com - 02/07/2021, 13:49 WIB
Ivermectin, obat yang disebut bisa untuk terapi penyembuhan Covid-19 ShutterstockIvermectin, obat yang disebut bisa untuk terapi penyembuhan Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini beredar informasi bahwa harga Ivermectin di e-commerce melesat hingga di kisaran Rp 500.000 per setrip.

Naiknya harga obat tersebut karena Ivermectin disebut-sebut mujarab mengobati Covid-19. Akibatnya, banyak konsumen yang memborong obat yang sejatinya untuk obat cacing itu.

Menyikapi perkembangan tersebut, PT Indofarma (Persero) Tbk selaku penjual Ivermectin menyatakan bahwa perseroan telah memperoleh izin pengedaran dari BPOM RI per 20 Juni 2021. 

Baca juga: Di E-commerce, Harga Obat Ivermectin Capai Rp 530.000 Per Setrip

"Perseroan memperoleh izin edar yang diberikan oleh BPOM RI untuk produk generik Ivermectin 12 mg kemasan Dus, 1 botol @20 tablet, pada tanggal 20 Juni 2021," tulis manajemen Indofarma dalam keterangan resminya, Jumat (2/7/2021).

Harga Eceran Tertinggi

Sementara itu terkait dengan harga, Indofarma menyatakan bahwa Ivermectin tablet 12 mg/botol berisi 20 tablet yang ditetapkan di Rp 123.200 per botol atau setara dengan Rp 6.160 per tablet.

Adapun Harga Eceran Tertinggi (HET) termasuk PPN adalah Rp 157.700 per botol atau setara Rp 7.885 per tablet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu untuk distribusi hingga ke pasar, Indofarma telah menunjuk Pedagang Besar Farmasi (PBF) sesuai dengan pedoman Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB).

"Saat ini produk Ivermectin dari perseroan dapat diperoleh melalui resep dokter di jaringan Apotek Kimia Farma dan Halodoc, dan jaringan tersebut akan kami perluas sesuai dengan kebutuhan penyaluran produk untuk masyarakat," lanjut manajemen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.