Program Kartu Prakerja Dilanjutkan Hingga Akhir Tahun, Tambah 2,8 Juta Peserta

Kompas.com - 02/07/2021, 17:52 WIB
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Pemerintah membuka gelombang kedua pendaftaran program yang bertujuan memberikan keterampilan untuk kebutuhan industri dan wirausaha itu mulai Senin ini hingga dengan Kamis (23/4/2020) melalui laman resmi www.prakerja.go.id. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
  *** Local Caption *** 
ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRAWarga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Pemerintah membuka gelombang kedua pendaftaran program yang bertujuan memberikan keterampilan untuk kebutuhan industri dan wirausaha itu mulai Senin ini hingga dengan Kamis (23/4/2020) melalui laman resmi www.prakerja.go.id. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. *** Local Caption ***

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan terus melanjutkan program Kartu Prakerja hingga semester II-2021. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, pihaknya telah mengalokasikan Rp 10 triliun untuk program tersebut.

Ia menjelaskan, dengan melanjutkan program Kartu Prakerja sampai akhir tahun, pemerintah masih akan membuka pendaftaran bagi 2,8 juta perseta.

Kebijakan ini sebagai tindak lanjut dari keputusan pemerintah untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali sepanjang 3-20 Juli 2021.

Baca juga: Pemerintah Sebut 8,3 Juta Orang Sudah Terima Manfaat Kartu Prakerja

"Pada semester II ini dan berkaitan juga dengan PPKM darurat, kami berharap akan bisa tersalurkan 10 triliun lagi untuk 2,8 juta peserta," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Jumat (2/7/2021).

Dia menjelaskan, program Kartu Prakerja yang berlangsung selama semester I-2021 sudah tersalurkan sebesar Rp 10 triliun untuk 2,8 juta peserta.

Sri Mulyani mengatakan, program Kartu Prakerja akan memberikan manfaat bagi penerimanya selama 4 bulan dengan total nilai Rp 3,55 juta. Terdiri dari manfaat pelatihan, insentif pelatihan, dan insentif survei.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Penerima mendapatkan manfaat pelatihan yang nilainya Rp 1 juta, dan mendapatkan cash sebesar Rp 2,4 juta yaitu Rp 600.000 per bulan untuk 4 bulan. Serta kalau mengisi sirvei dia dapat Rp 150.000 untuk tiga kali survei," jelas dia.

Ia mengatakan, program Kartu Prakerja menjadi upaya pemerintah melalui dukungan APBN untuk merespons kondisi Covid-19 saat ini. Diharapkan penyaluran setiap bantuan dari pemerintah bisa tepat waktu dan tepat sasaran.

Baca juga: Kuota 44.000, Ini Kriteria Pendaftar yang Tak Lolos Kartu Prakerja

"Ini yang kita terus lakukan koordinasi dengan para menteri terkait juga pemerintah daerah," kata Sri Mulyani.

Adapun saat ini, program Kartu Prakerja telah memasuki gelombang ke-17 sejak di buka pada 11 April 2020 lalu. Penerimaan kartu prakerja gelombang 17 sendiri merupakan yang terakhir di semester I-2021.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.