KILAS

Dukung Program Magang, Apindo Dorong Perusahaan Jepang Buka Pelatihan bagi Pekerja Indonesia

Kompas.com - 02/07/2021, 19:01 WIB
Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bidang Ketenagakerjaan Bob Azam DOK. Humas Kementerian KetenagakerjaanWakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bidang Ketenagakerjaan Bob Azam

KOMPAS.com – Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bidang Ketenagakerjaan Bob Azam mengatakan, pihaknya mendorong perusahaan Jepang agar lebih terbuka untuk melakukan pemagangan dan pelatihan bagi pekerja Indonesia dan mitra perusahaan Jepang di Indonesia.

Hal tersebut dilakukan Apindo dalam rangka mendukung Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dalam menyukseskan program Magang 2021-2022.

“Kami berharap Jakarta Japan Club (JJC) mampu optimal menyerap pemagangan untuk menyukseskan Year of Apprenticeship,” ujar Bob Azam dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com pada Jumat (2/7/2021).

Menurutnya, program magang dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan memberikan pelatihan bagi para pencari kerja (pencaker).

Baca juga: Menaker Ida Ajak Perusahaan Jepang Rekrut Tenaga Kerja Lokal dalam Program Magang

“Bukan hanya untuk perusahaan besar, lebih penting perusahaan usaha kecil dan menengah (UKM), agar mereka bisa mendapatkan akses tenaga kerja terampil,” kata Wakil Ketua Apindo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia pun menerangkan, melalui program magang, nantinya pada pencaker dapat mengikuti pelatihan di perusahaan dengan fasilitas pelatihan yang baik sebelum bekerja di usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Jadi, ada kerja sama segitiga (yaitu di antara) pemerintah melalui BLK dengan perusahaan yang memiliki fasilitas pelatihan yang baik, terutama perusahaan Jepang,” ujar Bob Azam.

Menanggapi hal tersebut, Chairman JJC Takuji Konzo mengatakan, pihaknya juga berkeinginan untuk bekerja sama dengan Apindo maupun Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), dalam rangka menyelenggarakan program magang ke UMKM.

Baca juga: Mahasiswa, Kemendikbud Ristek Buka Program Magang Bersertifikat 2021

Takuji pun menyatakan, pihaknya siap membantu pemerintah menyukseskan program magang di seluruh perusahaan yang tergabung dalam JJC.

Perusahaan Jepang yang ada di Indonesia sebanyak 1.500 perusahaan, 700 (di antaranya) merupakan anggota JJC. Kami akan sosialisasikan untuk membuka diri terhadap program pemangangan yang dicanangkan Kemenaker,” ujar Takuji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.