Permintaan Oksigen Konsentrator Terkerek Naiknya Kasus Covid-19

Kompas.com - 02/07/2021, 19:29 WIB
Warga mengantre untuk mengisi ulang tabung gas oksigen di Medical Oxygen di Jalan Minangkabau Timur, Jakarta Selatan, Kamis (1/7/2021). Pedagang mengaku permintaan isi ulang tabung gas oksigen mengalami peningkatan setelah terjadi lonjakan kasus positif Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGWarga mengantre untuk mengisi ulang tabung gas oksigen di Medical Oxygen di Jalan Minangkabau Timur, Jakarta Selatan, Kamis (1/7/2021). Pedagang mengaku permintaan isi ulang tabung gas oksigen mengalami peningkatan setelah terjadi lonjakan kasus positif Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di tanah air sejak beberapa pekan ke belakang, turut membuat permintaan alat kesehatan (alkes) dan juga produk farmasi yang berhubungan dengan Covid-19 ikut merangkak naik.

Seperti misalnya, multivitamin, antivirus, oxymeter, dan juga oksigen konsentrator sebagai alternatif dari tabung oksigen yang persediaannya kian menipis.

Yuwell Indonesia, supplier oksigen konsentrator merk Yuwell mengiyakan kondisi tersebut. Pihaknya bilang, oksigen konsentrator merupakan satu dari tiga produk related Covid-19 yang memiliki permintaan paling tinggi saat ini.

Baca juga: Kemenperin Diminta Dorong Industri Pasok 90 Persen Oksigen Buat Medis

"Permintaan yang paling tinggi adalah oksigen konsentrator, fingertip oxymeter, dan infrahead thermometer," sebut Regional Sales Manager Yuwell Indonesia Dicky, saat dihubungi Kontan.co.id, Jumat (2/7/2021).

Dicky bilang bahwa tingginya demand dari masyarakat membuat produk oksigen konsentrator yang dipasok Yuwell Indonesia telah sold out atau habis terjual. Sehingga konsumen yang akan membeli oksigen konsentrator dari distributor resmi Yuwell Indonesia, harus melakukan sistem pre-order sampai produknya kembali tersedia di pasar Indonesia.

"Perkiraan di bulan ini akan tersedia kembali di pasaran Indonesia," bebernya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga saat ini Yuwell Indonesia telah memasok dua tipe oksigen konsentrator Yuwell yakni tipe 8F-5AW dan juga tipe 7F-3NW. Berdasarkan marketplace Yuwell di Shopee, keduanya masing-masing berada di harga Rp 7,441,500 dan Rp 6,776,000.

Adapun, tahun ini Yuwell Indonesia telah menjual sekitar 500 unit oksigen konsentrator.

"Dari Januari hingga Juni 2021 sudah terjual sekitar 500 unit," ungkapnya.

Baca juga: Kemenperin Beberkan Alasan Tabung Gas Oksigen Langka

Dia memaparkan, Yuwell Indonesia telah memasok berbagai produk medis merk Yuwell. Adapun, produk related Covid-19 yang telah dipasarkan oleh Yuwell Indonesia di antaranya, Oxygen concentrator, nebulizer ultrasonic & compressor, infrahead thermometer, fingertip pulse oxymeter, blood preasure monitor, dan suction dan BPAP/CPAP.

"Semenjak mulainya pandemi tahun lalu, permintaan akan produk kami naik berkali-kali lipat. Contohnya, 5,000 unit fingertip oxymeter habis terjual dalam 2 hari," pungkas dia.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Melonjaknya kasus Covid-19 mengerek permintaan oksigen konsentrator di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.