[KURASI KOMPASIANA] Mengenal Socratic Method dalam Drama "Law School" hingga Pelajaran Hidup dari "Mine"

Kompas.com - 03/07/2021, 11:44 WIB
Kim Yoo Yeon dan Han Soo Hyuk. TVN VIA SOOMPIKim Yoo Yeon dan Han Soo Hyuk.

KOMPASIANA---Drama Korea dikenal mampu mengangkat tema yang beragam dalam tiap kisahnya. Salah satunya adalah hukum dan misteri.

Usai drama Vincenzo yang dibintangi duet Song Joongki dan Jeon Yeobin tamat, drama bertema hukum lainnya yang menarik minat para penonton adalah Law School.

Seperti judulnya, drama yang dibintangi aktor Kim Bum ini bercerita tentang penyelidikan terhadap pembunuhan misterius yang terjadi di salah satu sekolah hukum terbaik di Korea, yaitu Fakultas Hukum, Universitas Hankuk.

Meski terkesan berat karena cerita utamanya berkutat pada pemecahan misteri, namun drama ini juga menghadirkan kehangatan dalam persahabatan dan percintaan antar tokoh didalamnya.

Selain Law School, ada juga drama Korea lainnya seperti "Mine" dan "Undercover" yang bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu akhir pekan Anda.

1. Socratic Method, Metode Belajar dalam Drama Korea "Law School"

Berlatar belakang kisah yang terjadi di Fakultas Hukum, Universitas Hankuk tentunya membuat penonton "Law School" akan disuguhi banyak istilah hukum dan adegan yang memperlihatkan metode belajar para mahasiswa dalam mempelajari ilmu hukum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu yang menarik dari drama ini adalah penggunaan socratic method sebagai metode belajar yang dilakukan oleh Yang Jong-Hoon, dosen yang juga mantan jaksa.

Kompasianer Dani Ramdani dalam artikelnya menjelaskan bahwa metode socrates (socratic method) adalah metode pembelajaran dengan percakapan dan perdebatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Dalam drama "Law School", sang dosen menggunakan metode jenis ini agar anak didiknya dapat memahami lebih dalam tentang teori-teori hukum. Bukan saja hanya dalam buku, akan tetapi dalam praktik. (Baca selengkapnya)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.