Ingin Diterima Kerja? Pakai 6 Strategi Ini saat Interview

Kompas.com - 03/07/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi wawancara kerja. FREEPIK/KATEMANGOSTARIlustrasi wawancara kerja.

KOMPAS.com - Wawancara kerja (interview) adalah satu tahapan penting untuk mendapatkan pekerjaan. Di mana kamu akan berkomunikasi dengan pewawancara.

Komunikasi ini banyak caranya. Ada yang bertemu langsung, via video call atau telepon. Umumnya dalam tahap wawancara kerja, kamu akan diberondong dengan berbagai pertanyaan.

Selanjutnya jawaban yang kamu berikan dapat menjadi pertimbangan pewawancara dalam mengambil keputusan. Oleh karena itu, kamu harus mampu menunjukkan atau menonjolkan sesuatu yang ada dalam diri agar dilirik pewawancara.

Ini yang disebut mempromosikan diri. Layaknya orang jualan, mempromosikan barang dagangannya supaya pembeli tertarik.

Tetapi saat wawancara kerja, kamu mempromosikan atau “menjual diri” di depan pewawancara. Berikut cara mempromosikan atau ‘menjual diri’ ketika wawancara kerja, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Berpenampilan necis dan sopan

Namanya mau interview kerja, berpakaian yang rapi. Busana yang dikenakan tidak harus baru, tetapi terlihat bersih dan rapi.

Baju dan celana atau rok disetrika, sehingga tidak nampak kusut, kumel, dan kucel. Gunakan aksesoris dan riasan minimalis.

Jangan menor bagi pelamar wanita. Rok pun tidak terlalu pendek. Sebaiknya di bawah lutut.

Semprot parfum secukupnya agar badan wangi dan segar, serta menunjang penampilan. Jangan berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Penampilan mencerminkan kepribadianmu. Jika penampilan atau berpakaian asal-asalan menunjukkan kepribadian yang asal-asalan pula. Ini bisa menjadi satu poin minus di mata pewawancara.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.