Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Negara Terkaya dan Termiskin di Uni Eropa

Kompas.com - 03/07/2021, 15:35 WIB
Mutia Fauzia

Penulis

Sumber CNBC


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) telah merilis data kepemilikan aset keuangan di 27 negara anggotanya.

Dilansir dari CNBC, Sabtu (3/7/2021), rumah tangga di Denmark merupakan negara terkaya di Uni Eropa.

Data bank sentral menunjukkan, rata-rata rumah tangga di Denmark memiliki aset keuangan setara 1,88 juta krona Denmark atau sekitar Rp 4,33 miliar (kurs Rp 2.307,43) pada kuartal IV 2020 lalu.

Baca juga: Ini Daftar 10 Orang Terkaya Malaysia, Siapa Paling Tajir?

Di sisi lain, penduduk Denmark rata-rata juga memiliki tingkat utang yang tinggi, yakni sekitar 560.000 krona atau sekitar Rp 1,29 miliar.

Namun demikian, Danmarks Nationalbank menekankan, sebagian besar beban kredit rumah tangga Denmark sekitar 86 persen bersumber dari bank dengan jaminan atau kolateral real estate.

"Dengan demikian, utang rumah tangga Denmark tertutupi oleh nilai dari rumah, yang tidak termasuk dalam perhitungan aset keuangan," jelas bank sentral Denmark tersebut.

Bank sentral mencatat, sebagian besar rumah tangga Denmark memiliki nilai kekayaan bersih sebesar 1,32 juta krona Denmark atau Rp 3,04 miliar. Jumlah tersebut setara dengan tiga kali lipat dari rata-rata kekayaan bersih rumah tangga kelompok negara Uni Eropa sebesar 450.000 krona Denmark.

Baca juga: Pencipta Ethereum Jadi Orang Terkaya Termuda berkat Aset Kripto

Namun demikian, pihak Bank Sentral Denmark menegaskan nilai tersebut merupakan rerata dengan adanya perbedaan signifikan antar individu.

Sementara itu, negara Eropa kedua dengan aset keuangan per rumah tangga terbesar yakni Luksemburg dengan 1,59 juta krona Denmark atau Rp 3,68 miliar, disusul Belanda dengan 1,58 juta krona Denmark atau Rp 3,64 miliar, dan Swedia di urutan keempat dengan 1,51 krona Denmark yang setara dengan Rp 3,48 miliar.

Sementara itu, Rumania merupakan negara dengan rumah tangga termiskin di Uni Eropa dengan rata-rata aset keuangan sebesar 80.000 krona Denmark atau sekitar Rp 184,59 juta.

Baca juga: Punya Harta Rp 2.722 Triliun, Inilah Orang Terkaya di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com