TMII Dikelola BUMN, Mensesneg: Jadi Taman Ultimate Indonesia Indah

Kompas.com - 04/07/2021, 09:06 WIB
Plang pemberitahuan pengambilalihan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) oleh negara telah berdiri di depan pintu gerbang utama. KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMADPlang pemberitahuan pengambilalihan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) oleh negara telah berdiri di depan pintu gerbang utama.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah lewat Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) resmi menyerahkan pengelolaan aset Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kepada PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) atau TWC.

Sebelum diserahkan pada BUMN pariwisata tersebut, TMII diambil alih negara dari Yayasan Harapan Kita yang terafiliasi dengan Keluarga Cendana.

Sebagai informasi, TMII dibangun pemerintah Orde Baru pada tahun 1972 di atas tanah seluas 150 hektare di Jakarta Timur. Pembangunan TMII tercetus dari Ibu Tien Soeharto yang terinspirasi dari Disney Land.

Mensesneg Pratikno mengatakan, pemerintah berharap di bawah pengelolaan PT TWC, TMII akan berubah lebih baik serta bisa menjadi cerminan keindahan serta keanekaragaman budaya di Indonesia. Indonesia pada TMII harus menjadi ultimate showcase of Indonesia.

Baca juga: Diambil Alih Negara dari Keluarga Cendana, TMII Resmi Dikelola BUMN

"Saya menyebutnya The Ultimate Showcase of Indonesia. Taman ultimate-nya Indonesia Indah. Bagaimana bisa mengembalikan kebhinekaan, keindahan budaya dan alamnya," kata Pratikno dilansir dari Antara, Minggu (4/7/2021).

PT TWC telah memiliki rencana jangka pendek ataupun jangka panjang seperti community engagement, cultural entertainment, education & preservation, tourism dan international events yang akan dilakukan di wajah baru TMII sebagai Indonesia Opera.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengambilalihan pengelolaan TMII meliputi seluruh aset dari TMII. PT TWC yang juga mengelola Candi Borobudur di Magelang itu diberikan hak pengelolaan atas TMII untuk jangka waktu 25 tahun.

Kemensetneg mengambil alih pengelolaan TMII setelah Presiden RI Jokowi menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pengelolaan TMII pada 31 Maret 2021.

Baca juga: Lawan Sri Mulyani, Bambang Trihatmodjo Tolak Bayar Utang ke Pemerintah

Proses pengambilalihan TMII dimulai sejak 1 April 2021. Yayasan Harapan Kita diberi waktu tiga bulan untuk menyerahkan pengelolaan aset negara tersebut ke tim transisi yang dibentuk Kemensetneg.

Sebelumnya, selama 44 tahun terakhir, TMII dikelola oleh Yayasan Harapan Kita berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 51 Tahun 1977.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.