Iggi Haruman Achsien; Staf Ahli Wapres yang Diangkat Jadi Komisaris Pertamina

Kompas.com - 04/07/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi logo Pertamina (Dok. Shutterstock) Ilustrasi logo Pertamina

JAKARTA, KOMPAS.com - Iggi Haruman Achsien diangkat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi Komisaris Independen PT Pertamina (Persero).

Penunjukan dewan komisaris baru Pertamina itu tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-222/MBU/07/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina. Keputusan itu ditetapkan pada 2 Juli 2021.

Lantas, siapa sih Iggi Haruman Achsien?

Baca juga: Ahmad Fikri Assegaf: Ipar Najwa Shihab yang Diangkat Jadi Komisaris Pertamina

Pria yang lahir di Indramayu pada 3 Februari 1977 itu merupakan Staf Ahli Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Dia juga menjabat sebagai Komisaris Independen PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Tak hanya itu, Iggi juga masuk ke dalam jajaran pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) bersama Erick Thohir. Di MES, dia menjabat sebagai Sekertaris Jenderal, sedangkan Erick Thohir merupakan Ketua Umum.

Di bidang pendidikan, Iggi lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dengan predikat cum laude. Dia juga telah menyelesaikan program Global Leadership Executive MBA di SBM ITB dan Aalto University, Finlandia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengutip laman bankmuamalat.co.id, dia memiliki pengalaman di industri keuangan di bidang perbankan syariah, pasar modal, dan juga asuransi.

Aktif terlibat dalam industri keuangan syariah dan dikenal sebagai pioneer dalam penerbitan Obligasi Syariah (Sukuk) di Indonesia dengan penerbitan pertama Obligasi Syariah Mudharabah Indosat tahun 2002. Juga ikut terlibat bersama Kementrian Keuangan dalam proses penerbitan Sukuk Negara tahun 2008.

Baca juga: Erick Thohir Rombak Komisaris Pertamina, Ahok Tetap Komut

Sebelumnya diberitakan, Erick Thohir kembali merombak jajaran komisaris PT Pertamina (Persero).

Kali ini terdapat tiga nama baru yang diangkat menjadi komisaris di perusahaan energi pelat merah itu. Ketiganya yakni Heru Pambudi sebagai Komisaris serta Ahmad Fikri Assegaf dan Iggi Haruman Achsien sebagai Komisaris Independen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.