Sartono
Asesor SDM Aparatur

Asesor SDM Aparatur, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan RI

 

Memahami Seleksi PPPK dan CPNS pada Masa Pandemi, Saatnya Unjuk Kompetensi

Kompas.com - 05/07/2021, 07:48 WIB
Peserta mengikuti ujian seleksi calon pegawai negeri sipil Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Jakarta, Senin (9/10/2017). Profesi PNS tidak menjadi pilihan pertama mayoritas anak muda yang kini masih berstatus mahasiswa. KOMPAS/TOTOK WIJAYANTOPeserta mengikuti ujian seleksi calon pegawai negeri sipil Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Jakarta, Senin (9/10/2017). Profesi PNS tidak menjadi pilihan pertama mayoritas anak muda yang kini masih berstatus mahasiswa.

Oleh: Sartono*

PEMERINTAH berencana membuka lowongan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini. Pengumuman formasi dan proses pendaftaran direncanakan akan dilaksanakan pada akhir Juni hingga minggu keempat bulan Juli.

Formasi akan dibuka baik untuk instansi pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota). Pelaksanaan seleksi perlu dimitigasi mengingat meningkatnya jumlah kasus konfirmasi positif pada dua minggu terakhir ini.

Sebagian pakar telah menganjurkan pemerintah untuk segera menarik rem darurat, menghentikan kegiatan secara total, untuk setidaknya satu atau dua minggu. Hal ini dipercaya akan mampu menurunkan tingkat penularan dan mempermudah kontrol.

Di sisi lain, ketika kegiatan ekonomi dihentikan secara total, maka banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Berkaca pada pengalaman tahun 2020, beberapa pemilik usaha telah menutup usahanya, sebagian telah mengurangi karyawan untuk meminimalkan dampak lesunya bisnis yang dialami.

Jangan Sampai Terlewat, Ini Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK Non-Guru 2021

Sementara itu, daya beli masyarakat perlu didukung dengan program-program yang mampu setidaknya membuat rakyat bertahan hidup dalam kondisi yang belum pasti kapan akan berakhir ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi mereka yang kehilangan pekerjaan, rencana rekrutmen CPNS dan PPPK menjadi angin segar yang memberi harapan untuk bangkit dan melanjutkan kehidupan.

Proses persiapan telah dilakukan Badan Kepegawaian Negara (BKN) bekerja sama dengan Kementerian PAN-RB serta pihak-pihak terkait. Naskah soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS dan PPPK non-Guru telah diintegrasikan ke dalam sistem CAT BKN.

Pendaftaran akan dilakukan secara online dan terintegrasi melalui https://sscasn.bkn.go.id. Bagi Anda yang berminat mendaftar dapat menyiapkan diri dengan mempelajari aturan terkait untuk segera menyiapkan dokumen yang sekiranya diperlukan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.