Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPKM Darurat, Sandiaga: Semua Pusat Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jawa-Bali Tutup

Kompas.com - 05/07/2021, 11:34 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno mendorong percepatan transformasi digitalisasi pelaku ekonomi kreatif sehingga dapat menyelamatkan perekonomian di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat pada 3-20 Juli 2021 di Jawa dan Bali.

Menurut Sandiaga, percepatan tersebut bisa dilakukan melalui upaya stimulus, seperti dana hibah pariwisata, bantuan insentif pemerintah, bantuan sosial, dan bantuan likuiditas untuk restrukturisasi kewajibannya terhadap perbankan sehingga mereka tidak mengalami situasi kerusakan permanen.

"Bantuan untuk pelaku ekonomi kreatif ini harus dipercepat. Dalam pertemuan secara daring dengan 3.000 hingga 4.000 pelaku kuliner dan ekonomi kreatif kita sudah men-challenge mereka dapat membantu pemerintah untuk melakukan digitalisasi ke target 10 juta orang,” kata Sandiaga dalam siaran pers, dikutip Senin (5/7/2021).

Baca juga: PPKM Darurat, Sandiaga Uno Bakal Percepat Penyaluran Dana Hibah Pariwisata

Sandiaga mengatakan, PPKM darurat ini pada dasarnya mengubah rencana-rencana yang sudah disusun Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Namun, Sandiaga memastikan bahwa kebijakan dan rencana Kemenparekraf harus dinamis di tengah kondisi tak pasti saat ini.

“Rencana tersebut akan menyesuaikan dengan sand box. Di mana kita siapkan kebijakannya secara dinamis. Harus mampu untuk menjawab dengan singkat kenaikan kasus positif Covid-19 di sejumlah wilayah," tambah Sandiaga.

Sandiaga menegaskan, pada PPKM darurat ini semua pusat pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Jawa dan Bali tutup.

Sementara itu, sebut dia, untuk wilayah lain di luar Jawa dan Bali menyesuaikan dengan kondisi masing-masing sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Dia menegaskan, varian Delta Covid-19 ini memang menyebar dengan sangat cepat. Jadi, meskipun sudah disiplin dengan protokol kesehatan Covid-19, tidak menutup kemungkinan untuk tidak terpapar.

Baca juga: Berlaku Hari Ini, Ingat Perjalanan Saat PPKM Darurat Perlu Kartu Vaksin dan Hasil Tes Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com