Mulai Hari ini, Penumpang Asal dan Tujuan Bandara di Bali-Jawa Wajib Bawa Kartu Vaksin Covid-19

Kompas.com - 05/07/2021, 12:36 WIB
Sejumlah penumpang pesawat yang baru saja mendarat di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, pada hari terakhir larangan mudik Lebaran 2021, Senin (17/5/2021). KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFALSejumlah penumpang pesawat yang baru saja mendarat di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, pada hari terakhir larangan mudik Lebaran 2021, Senin (17/5/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara kelolaan PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II yang berlokasi di pulau Jawa dan Bali masih tetap beroperasi selama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan Nomor 45 Tahun 2021, bandara kelolaan perseroan di pulau Jawa dan Bali tetap beroperasi dengan melakukan penyesuaian aturan bagi para calon penumpang.

Berdasarkan SE tersebut, mulai hari ini, Senin (5/7/2021), seluruh calon penumpang pesawat yang melakukan penerbangan antar bandara di Jawa, dari dan ke Jawa, serta dari dan ke Bali harus menunjukkan kartu vaksinasi minimal dosis pertama dan surat hasil RT-PCR yang sampelnya diambil maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan.

Baca juga: Jadi Syarat Berpergian Selama PPKM Darurat, Ini Cara Download Kartu Vaksin

"Kewajiban menunjukkan kartu vaksinasi dikecualikan bagi calon penumpang pesawat dengan kepentingan khusus medis yang tidak atau belum divaksin dengan alasan medis berdasarkan keterangan dokter spesialis," tutur pria yang akrab disapa Awal itu dalam keterangan tertulis.

Awal menyebutkan, pihaknya telah menyiapkan dua titik pengecekan atau checkpoint di seluruh bandara kelolaan bagi calon penumpang pesawat.

Ia menjelaskan, pada checkpoint pertama bagi calon penumpang khusus rute menuju atau asal Jawa dan Bali akan dilakukan pengecekan kelengkapan dokumen persyaratan, meliputi kartu vaksin Covid-19 dan hasil PCR sesuai rute.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jika lolos skrining, kemudian calon penumpang menuju Checkpoint 2 untuk memvalidasi kedua dokumen tersebut yang dilakukan oleh petugas KKP Kemenkes," katanya.

"Setelah itu, calon penumpang lanjut menuju meja check in untuk mendapatkan boarding pass, dan kemudian ke boarding lounge untuk bersiap naik pesawat," tambah dia.

Untuk memfasilitasi kebutuhan kartu vaksinasi Covid-19, AP II membuka sentra vksinasi di Terminal 2 dan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

"Apabila calon penumpang sudah tiba di Bandara Soekarno-Hatta tapi belum divaksinasi, akan diarahkan untuk vaksinasi dulu di lokasi tersebut," ucap Kepala KKP Kemenkes Kelas I Soekarno-Hatta, Darmawali Handoko.

Sebagai informasi, saat ini AP II mengelola 4 bandara yang berlokasi di Jawa dan Bali, yakni Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta), Bandara Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga), dan Bandara Banyuwangi (Banyuwangi).

Baca juga: Masyarakat Saat PPKM Darurat Wajib Bawa Kartu Vaksin, Bagaimana yang Belum Vaksinasi?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.