Hingga Mei 2021, Total Nilai Transaksi Kripto Mencapai Rp 370 Triliun

Kompas.com - 05/07/2021, 15:58 WIB
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam diskusi FMB 9: Meneropong Aset Kripto di Indonesia yang diselenggarakan Kemenkominfo secara virtual, Senin (5/7/2021). (Tangkapan Layar) KOMPAS.com/ ELSA CATRIANAWakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam diskusi FMB 9: Meneropong Aset Kripto di Indonesia yang diselenggarakan Kemenkominfo secara virtual, Senin (5/7/2021). (Tangkapan Layar)

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, transaksi aset kripto mengalami peningkatan secara signifikan belakangan ini.

Dia menyebutkan, berdasarkan data yang diterima, hingga Mei 2021, transaksi kripto tercatat sebanyak Rp 1,7 triliun dalam satu kali.

"Angkanya luar bisa. Tahun 2015 mungkin belum booming, tapi sekarang 2021 nilai transaksi berdasarkan data yang kami terima sebesar Rp 1,7 triliun satu kali transaksi dan totalnya itu bisa melebihi dari Rp 370 triliun per Mei 2021," ujar Jerry dalam diskusi FMB 9: Meneropong Aset Kripto di Indonesia yang diselenggarakan Kemenkominfo secara virtual, Senin (5/7/2021).

Baca juga: Aset Kripto Kompak Menghijau, Harga Ethereum Naik 25 Persen

Menurut dia, angka ini menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat untuk bertransaksi.

Oleh sebab itu, Kemendag akan meluncurkan bursa khusus untuk kripto.

Dengan adanya bursa ini, Jerry berharap, semua bentuk transaksi, baik pencatatan, penyimpanan, dan aktivitasnya terorganisir dengan baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tentunya kami dari Kemendag ingin meregulasi biar lebih terorganisir, sistematis, dan ada hukum yang jelas yang memayungi sehingga konsumen terlindungi secara penuh," ucap dia.

Senada, CEO Menara Digital Anthony Leong mengatakan, dari sisi pemilik akun kripto mengalami peningkatan yang signifikan, mulai dari 4,2 juta per Maret 2021 naik menjadi 5,6 juta per April 2021.

Baca juga: Daftar Negara yang Larang Aset Kripto Bertambah, Kini Giliran Meksiko

"Jadi memang ada peningakatan pada jumlah pemilik akun kripto sebanyak 1,4 juta," ucap Anthony.

Oleh sebab itu, dia juga meminta pemerintah agar bergerak cepat menyiapkan ekosistem atau regulasi terkait aset kripto.

"Kita harapkan pemerintah dalam hal ini Kemendag bisa menangkap ini sebagai sebuah peluang dan menghadirkan ekosistem yang baik," imbuh dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.