Apa Itu Subsidi: Pengertian, Jenis, dan Contohnya di Indonesia

Kompas.com - 05/07/2021, 16:23 WIB
Seorang warga ingin membeli gas ukuran 3 kg di Depok, Jawa Barat, Rabu (6/12/2017). Namun persediaan gas tidak ada. subsidi adalah, apa itu subsidi, arti subsidi KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNASeorang warga ingin membeli gas ukuran 3 kg di Depok, Jawa Barat, Rabu (6/12/2017). Namun persediaan gas tidak ada. subsidi adalah, apa itu subsidi, arti subsidi

JAKARTA, KOMPAS.com - Subsidi adalah istilah yang sudah tak asing lagi di telinga. Arti subsidi sendiri seringkali disamakan dengan bantuan. Lalu apa itu subsidi?

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), subsidi adalah bantuan uang dan sebagainya kepada yayasan, perkumpulan, dan sebagainya yang biasanya dari pihak pemerintah.

Sementara itu arti subsidi sebagaimana dilansir dari Investopedia, subsidi adalah bantuan dari pemerintah yang biasanya disalurkan dalam bentuk tunai hingga pengurangan pajak. Subsidi adalah diberikan untuk meringankan beban masyarakat dan seringkali dianggap sebagai tujuan kepentingan umum.

Dalam ekonomi, apa itu subsidi biasanya digunakan pemerintah untuk mendukung sektor-sektor tertentu agar berkembang atau bisa bertahan.

Baca juga: Mengenal Arti Konglomerasi Bisnis

Ada beberapa jenis pembagian subsidi. Namun secara umum subsidi adalah dibagi menjadi dua, yakni subsidi langsung dan subsidi tak langsung.

Subsidi langsung yakni subsidi yang diberikan langsung kepada penerimanya. Di Indonesia, subsidi langsung seperti bantuan langsung tunai, subsidi Kartu Indonesia Sehat, dan subsidi Kartu Indonesia Pintar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara subsidi tak langsung yakni subsidi yang tak disalurkan langsung kepada masyarakat, namun biasanya melalui program yang dijalankan pihak lain. Contoh subsidi ini yakni subsidi bunga rumah melalui bank, subsidi pupuk lewat BUMN pupuk, subsidi BBM, subsidi listrik, dan sebagainya.

 

Beberapa manfaat subsidi adalah:

  • Menjaga daya beli masyarakat, terutama masyarakat bawah
  • Menurunkan atau menstabilkan harga barang dan jasa
  • Bagi pelaku usaha, subsidi bisa meningkatkan produktivitas dan mencegah kebangkrutan
  • Produk dan jasa bisa lebih kompetetif untuk ekspor

Baca juga: Apa itu UMKM dan Contohnya?

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.