Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditargetkan Rampung Akhir Tahun ini, Proyek Pipa Rokan Capai 71,3 Persen

Kompas.com - 05/07/2021, 19:17 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Gas atau Pertagas menargetkan proyek Pipa Minyak Rokan dapat rampung sesuai target yang telah ditetapkan meskipun Covid-19 masih merebak.

Proyek yang telah dilaksanakan sejak September tahun lalu itu ditargetkan selesai pada akhir 2021 dan mulai beroperasi secara komersial pada tahun depan.

"Hingga akhir Juni, progres konstruksi sudah mencapai 71,33 persen," ujar Manager Communication, Relations & CSR Pertagas, Elok Riani Ariza, dalam keterangan tertulis, Senin (5/7/2021).

Baca juga: Pemerintah Lelang 6 Blok Migas, Ini Rinciannya

Elok menyebutkan, proyek konstruksi dan pengadaan pipa minyak itu memiliki panjang kurang lebih 367 km, melewati 5 kabupaten atau kota, 14 kecamatan dan 38 desa atau kelurahan.

"Kami berharap proyek ini membawa dampak positif terhadap pembangunan wilayah Riau pada umumnya dan mampu berkontribusi secara nyata bagi peningkatan kapasitas SDM dan transfer knowledge di daerah yang dilewati pipa pada khususnya," tutur Elok.

Lebih lanjut Elok melaporkan, proyek Pipa Minyak Rokan telah menyerap tenaga kerja lokal sebanyak 76 persen dari total 2.404 tenaga kerja.

Pipa minyak itu berpotensi mengangkut minyak kurang lebih 200.000 - 265.000 barrel per hari (bph) dan ditargetkan akan komersial pada awal tahun 2022.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Stimulus untuk Percepat Proyek Hulu Migas Laut Dalam

"Proyek ini merupakan salah satu proyek energi terbesar yang diharapkan dapat mampu mendukung ketahanan energi dan berkontribusi positif pada peningkatan perekonomian nasional," ucap Elok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com